Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Kaitannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Dwi Erna Novianti

Abstract


Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah khususnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka peningkatan sistem evaluasi pendidikan. AKM mempunyai tujuan utama yaitu mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar siswa. Asesmen yang dilakukan meliputi kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa yaitu terkait kemampuan literasi, numerasi dan survey karakter yang diterapkan untuk siswa dari jenjang Sekolah Dasar (SD) sampai dengan jenjang pendidikan menegah. Berkaitan dengan kemampuan numerasi, siswa ditekankan pada kemampuan menganalisis. Numerasi bukan hanya tentang mata pelajaran matematika, melainkan salah satu bagian literasi dalam pelajaran matematika. Hal ini dikarenakan numerasi ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana siswa dapat berpikir dengan menggunakan konsep dan prosedur. Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi mampu menggunakan konsep – konsep yang dimiliki untuk memecahkan masalah matematika dan melakukan analisis dari informasi – informasi yang ada dan menggunakannya dalam menyelesaikan masalah. Selain itu, soal – soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan numerasi dikaitkan dengan soal dunia nyata yang mampu membawa siswa ke tahap bernalar, sehingga siswa mampu menyelesaikan permasalahan sehari – hari.

 

Kata Kunci: Asesment, Numerasi, Pemecahan Masalah


Full Text:

PDF

References


Aisah, H., Yulianti Zaqiah, Q., & Supiana, A. (2021). Implementasi Kebijakan Asesmen Kemampuan Minimum (AKM): Analisis Implementasi Kebijakan AKM. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2), 128–135. http://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/

Andiani, D., Hajizah, M. N., & Dahlan, J. A. (2020). Analisis Rancangan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Program Merdeka Belajar. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 80–90. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamath/article/view/1010/544

http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/mengenal-lebih-dekat-bentuk-soal-asesmen-kompetensi-minimum-akm-sekolah-dasar. Diakses tanggal 1 November 2021.

https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/. Diakses tanggal 1 November 2021.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Novianti, D. E. (2021). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Edutama, IKIP PGRI Bojonegoro, 8(2), 117–124.

Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Sekolah Dasar untuk Siswa. Jurnal Varidika, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993

Rosydiana, A.-. (2017). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Pemecahan Masalah Polya. Mathematics Education Journal, 1(1), 54. https://doi.org/10.22219/mej.v1i1.4550

Suhartono, E. (2017). Systematic Literatur Review ( SLR ): Metode , Manfaat , Dan Tantangan Learning Analytics Dengan Metode Data Mining di Dunia Pendidikan Tinggi. Jurnal Ilmiah INFOKAM, 13(1), 73–86.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916


Refbacks

  • There are currently no refbacks.