Analisis Kesalahan dengan Teori Newman Pada Soal Vektor

Ari Indriani

Abstract


Peserta didik masih banyak yang melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal matematika, khususnya pada mata kuliah vektor. Peserta didik kurang teliti dalam memahami, menggunakan rumus dan konsep, serta menghitung pada materi vektor. rumusan masalahnya adalah bagaimana kesalahan menurut newman dalam menyelesaikan soal vektor? Dan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan menurut newman dalam menyelesaikan soal vektor. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan subyek berjumlah 33 mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes dan metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif model Miles dan Hubermen. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah masih banyak mahasiswa yang melakukan kesalahan dari mulai kurang menuliskan simbol dari vektor, jawaban mahasiswa belum sampai akhir dari apa yang ditanyakan dalam soal, masih ada yang salah menuliskan operasi hitung dalam perkalian cross, tidak menyertakan apa yang diketahui dalam soal, hanya menuliskan proses dalam mengerjakan tanpa menuliskan hasil akhir, ada yang hanya menuliskan hasil akhir tanpa adanya proses serta jawaban mahasiswa yang menuliskan jawaban akhir yang salah.

 

Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Teori Newman, Vektor


Full Text:

PDF

References


Budiyono. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Budiyono. (2008). Statistik untuk Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Damayanti, N. W, Mayangsari, S.N., Mahardika, L.T. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Operasi Hitung Pada Pecahan. Jurnal Ilmiah Edutic Pendidikan dan informatika, 4 (1), 1-7.

Jana, Padrul. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Vektor. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2 (2), 8-14.

Jha, S.K. (2012). Mathematics Performance of Primary School Students in Assam (India): An Analysis Using Newman Procedure. International journal of Computer Applications in Engineering Sciences, 2(1).

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring. (2020). Dari: https://kbbi.kemdikbud.g.id/ Kelas pintar solusi belajar online. https://www.kelaspintar.id/blog/tips-pintar/pengertian-vektor-dalam-matematika-732/

Komarudin. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Peluang Berdasarkan High Order Thingking Dan Pemberian Scaffolding. Jurnal Darusalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, VIII(1), 202-217.

Maulanan, M.A.S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman Pada Materi Sistem Persamaan Linear 2 Variabel (SPLDV) Pada Siswa SMP Al-Maksum T.P. 2020/2021. Skripsi, Medan: FKIP UMSU.

Nurjanatin, I., Sugondo, G., Manurung, M. H. (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Balok Kelas VII-F Semester II SMP Negeri 2 Jayapura. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pembelajarannya, 2(1), 22-31.

Oktaviana, dwi. (2017).Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata kuliah Matematika Diskrit. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5 (2), 22-32.

Pratiwi, Wike V, Mhmd Habibi, Rahma P, dan Aan P. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2), 152-164.

Purnama, Putri S, M.Hasbi, dan Khairul U. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Aljabar Abstrak Kelas VIII SMPN 1 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 81-90.

Rahmawati, Diana dan Laelatul Dhian P. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5 (2), 173-185.

Rahmawati, Sri F. Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4 (1), 53-64.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.