Development of Digital Literacy Culture through Social Media in Improving Knowledge of New Students at IKIP PGRI Bojonegoro

Alfi Laili, Alfi Nur Khafidhoh, Alvi Nur Izati

Abstract


Literasi digital merupakan kecakapan dalam informasi dengan menggunakan akses internet tak terbatas yang menitikberatkan pada kemampuan bersosialisasi, berinteraksi dan pemahaman individu dalam membuat dan menanggapi suatu hal dalam digitalisasi. Jejaring sosial merupakan jembatan komunikasi bai kantar manusia antar instansi atau organisasi melalui penggunaan layanan internet. Penggunaan media juga tidak luput dari konten yang membahas tentang pendidikan, karya sastra, seni, olahraga, berita, dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya mahasiswa baru dalam mengembangkan literasi melalui media sosial dan menganalisis peran media sosial dalam pengembangan literasi untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif berupa pembagian angket kepada responden. Subyek dari penelitian ini adalah mahasiswa baru ikip pgri bojonegoro. Hasil dari penelitian ini menunjukan besarnya ketertarikan mahasiswa baru dalam penggunaan media sosial daripada media kertas, mereka hampir setiap hari, mengakses media sosial untuk mencari hal baru seperti, membagikan cerita, mencari informasi yang berkaitan untuk peningkatan pengetahuan individu   literasi digital yang memberikan dampak positif bagi pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam menggunakan media terutama media sosial yang saat ini sering dijadikan sumber informasi oleh khalayak terutama oleh kalangan yang berusia muda. Dengan demikian, mahasiswa baru akan lebih bijak dalam penggunaan media sosial serta memiliki kesadaran tentang pentingnya berliterasi digital.

 

Kata kunci: literasi digital, media sosial


Full Text:

PDF

References


Albi Anggito, J. S. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Mulasih. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Youtube dalam Menumbuhkan Literasi Anak dalam Bentuk Cerita Rakyat. Dialektika: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 11(1), 559–570.

Purawinangun, I. A., & Yusuf, M. (2020). Gerakan Literasi Generasi Milenial Melalui Media Sosial. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 67.

Rodin, R., & Nurrizqi, A. D. (2020). Tingkat Literasi Digital Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan Dalam Pemanfaatan E-Resources UIN Raden Fatah Palembang. Pustakaloka, 12(1), 72–89.

Silvana, H., & Darmawan, C. (2018). Pendidikan Literasi Digital Di Kalangan Usia Muda Di Kota Bandung. Pedagogia, 16(2), 146.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.