Optimalisasi Google Site sebagai Media Pembelajaran Berbasis Website pada Pembelajaran Jarak Jauh

Muh. Zainal, ST. Kasmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi wiki terstruktur dengan tools Google Site yang valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pelaksanaan pendidikan dan pelatihan jarak jauh. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model Dick dan Carey yang terdiri dari tahap analisis kebutuhan, desain produk, validasi, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui penilaian menggunakan indikator WebQual yang terdiri dari useability, informatin dan service interaction melalui uji coba pada subjek yaitu Pakar Media, Widyaiswara dan Peserta Diklat. Data dianalisis untuk menentukan kualitas website menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil evaluasi untuk menentukan usability, information and service interaction dari media berbasis Site Google, oleh para ahli menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan memenuhi kriteria yang sangat praktis pada aspek usability dengan skor 3,6, sedangkan hasil penilaian information menunjukkan bahwa aplikasi valid dalam memberikan informasi dengan skor 3,4, serta hasil penilaian keefektifan dari aspek service interaction menunjukkan bahwa aplikasi efektif dengan nilai 3.3. Berdasarkan analisis data, menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi Google Site, valid, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada pendidikan dan pelatihan jarak jauh.

 

Kata Kunci: Google site, pembelajaran jarak jauh, pendidikan dan pelatihan.


Full Text:

PDF

References


Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20–31. https://doi.org/10.32832/EDUCATE.V6I2.4891

Aljraiwi, S. S. (2017). The Effect of Classroom Web Applications on Teaching, Learning and Academic Performance among College of Education Female Students. Journal of Education and Learning, 6(2), 132. https://doi.org/10.5539/JEL.V6N2P132

Andre, Y., & Tileng, K. G. (2019). Analisis Kualitas Website Perpustakaan Universitas X Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance-Performance Analysis (IPA). AITI, 16(1), 49–64. https://doi.org/10.24246/AITI.V16I1.49-64

Barnes, S., & Vidgen, R. (2000). WebQual: An Exploration of Web-Site Quality. 298–305.

Hariadi, B., Sunarto, M. J. D., & Sudarmaningtyas, P. (2016). Development of Web-Based Learning Application for Generation Z. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 5(1), 60. https://doi.org/10.11591/IJERE.V5I1.4523

Jubaidah, S., & Zulkarnain, M. R. (2020). Penggunaan Google Sites Pada Pembelajaran Matematika Materi Pola Bilangan SMP Kelas VIII SMPN 1 Astambul. Lentera: Jurnal Pendidikan, 15(2), 68–73. https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/jpl/article/view/1183

Lin, Y.-T., & Jou, M. (2012). A Web Application Supported Learning Environment for Enhancing Classroom Teaching and Learning Experiences. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 64, 1–11. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2012.11.001

Nurhayati, N., Suwartono, T., & Saripudin, A. (2020). Creating a Web-based Course-book on Revitalization of the Sampyong for University Students. Universal Journal of Educational Research, 8(12), 6790–6797. https://doi.org/10.13189/UJER.2020.081245

Rahardja, U., Aini, Q., Apriani, D., & Khoirunisa, A. (2019). Optimalisasi Informasi Manajemen Laporan Assignment Pada Website Berbasis Content Management System. Technomedia Journal, 3, 213–223. https://doi.org/10.33050/tmj.v3i2.616

Wakil, K., & N.A.Jawawi, D. (2019). Intelligent Web Applications as Future Generation of Web Applications. Scientific Journal of Informatics, 6(2), 213–221. https://doi.org/10.15294/SJI.V6I2.19297

Winatha, R. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021

Zainal, M. (2020). Integrasi Model SAMR (Subtitution, Augmentation, Modification, and Redefinition) pada Diklat Jarak Jauh Balai Diklat Keagamaan Makassar. Jurnal Widyaiswara Indonesia, 1(3), 155–163. https://ejournal.iwi.or.id/ojs/index.php/iwi/article/view/40

Zainal, M. (2021a). Memfasilitasi Kemandirian Belajar Peserta Diklat Jarak Jauh Dengan E-Modul Muh Zainal - Academia.edu. https://www.academia.edu/45020732/ Memfasilitasi_Kemandirian_Belajar_Peserta_Diklat_Jarak_Jauh_Dengan_E_Modul


Refbacks

  • There are currently no refbacks.