Analisis Proses Pembelajaran Jarak Jauh dengan Menggunakan Platform Moodle pada Mata Kuliah Matematika Sekolah

Novi Mayasari, Anita Dewi Utami, M. Zainudin

Abstract


Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana respon mahasiswa dan proses pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan moodle pada mahasiswa Matematika selama pandemi Tahun Akademik 2021/2022 yang diterapkan pada mata kuliah matematika sekolah tingkat 1 Prodi Pendidikan Matematika di IKIP PGRI Bojonegoro. Subyek Penelitian ini mahasiswa tingkat 1 Prodi Pendidikan matematika sejumlah 35 mahasiswa, Metode penelitian adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Penulis bertindak sebagai instrumen pengumpul data. Tenik analisis data diantarannya reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan moodle pada mata kuliah matematika sekolah menunjukkan bahwa sebesar 0,69 % sangat setuju (SS), sebesar 1,5 %menjawab setuju (S), sebesar 0,18 %, menjawab tidak setuju (TS) dan sebesar 0,14 %.  menjawab sangat tidak setuju (STS). Kesimpulan dari hasil penelitian tersebut adalah dapat membantu serta memudahkan dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan proses pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan moodle yang lebih interaktif dan menyenangkan khususnya pada mata kuliah matematika sekolah selama masa pandemi. Langkah-langkah pembelajaran jarak jauh dalam moodle meliputi menambahkan filtur daftar hadir atau attendance, pemberian materi berupa file, video, ppt, dan lainnya, pemberian link google meet pada Moodle, Pemberian tugas kepada mahasiswa, dan mahasiswa dapat melihat nilai.

Kata Kunci: Pembelajaran Jarak Jauh, Moodle, Pandemi


Full Text:

PDF

References


Amade K. (2020). Perbandingan Efektivitas Pembelajaran Sinkronus Dan Asinkronus Pada Materi Program Linear. Jurnal PRIMATIKA,9.(2) https://media.neliti.com/media/publications/333076-perbandingan-efektivitas-pembelajaran-si-9ce1d7ae.pdf

Estacio Rossalina dkk. (2017) Analyzing students online learning behavior in blended courses using Moodle. Asian Association of Open Universities Journal. 12 (1) https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/AAOUJ-01-2017-0016/full/html

Firman. (2020). Pembelajaraan Online di Tengah Pandemi Covid-19 . Sulawesi Barat: Indonesian Journal of Educational Sciences (IJES).

F Komendangi, dkk. 2017. Analisis Dan Perancangan Aplikasi E-Learning Berbasis Learning Management System (Lms) Moodle Di Program Studi Teknik Pertanian Universitas Sam Ratulangi.Cocos: Ejournal Unsrat. 1(3) https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/cocos/article/view/14980

H Trilukman. (2009). Pengembangan Sistem Pembelajaran on line Berbasis Moodle Jurusan Kurrikulum dan Teknologi Pendidikan Universitasv Negeri Semarang.jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan 38 (1).https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK/article/download/493/450

Hartanto, W. (2016). Penggunaan ELearning Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi Universitas Jember, 10 (1).

Herbimo, Widiatmoko (2020). Penerapan Aplikasi Moodle Sebagai Salah Satu Model Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru. 5(1), 107-113 https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/download/144/163/

Kisworo Tinto W, & Sumarni Woro. (2020). Analisis Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi . Prossiding Seminar Nasional Pascasarjana. UNNES. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/650/567/

Kompas. 2020. https://www.kompas.com/tren/read/2021/10/15/073528465/update-corona-15-oktober-who-bentuk-tim-baru-selidiki-asal-usul-covid-19

Rizal, S., & Walidain, B. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Matakuliah Pengantar Aplikasi Komputer Universitas Serambi Mekkah. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 19(2), 178. https://doi.org/10.22373/jid.v19i2.5032

Sara K, dkk. (2020) Implementasi E-Learning Berbasis Moodle di Masa Pandemi Covid 19. ALIGNMENT:Journal of Administration and Educational Management. 3 (2). https://doi.org/10.31539/alignment.v3i2.1813

Wicaksana Ervan J .2020. Efektivtas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi dan Minat Bakat Peserta Didik Ditengah Pandemi Covid-19.Edutech: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran. 1(2): 117-124.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.