Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis ICARE Materi Kesebangunan dan Kekongruenan pada Siswa SMP

Febiana Mana, Syarifah Fadillah, Rahman Haryadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul pembelajaran berbasis ICARE  materi kesebangunan dan kekongruenan pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Parindu yang mencapai tingkat kevalidan,  kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dessiminate (penyebaran) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Model 4-D yang dimodifikasikan menjadi 3-D. Kevalidan modul didapatkan dari hasil angket kevalidan yang diperoleh berdasarkan penilaian validator terhadap modul pembelajaran. Kepraktisan diperoleh dari hasil angket respon siswa dan angket respon guru, sedangkan keefektifan diperoleh dari hasil posttest siswa. Hasil angket kevalidan diperoleh presentase 88,34% dengan kriteria sangat valid. Hasil angket respon siswa dan guru diperoleh presentase 84,95% dengan kriteria yang sangatt praktis, sedangkan hasil posttest siswa diperoleh presentase presentase 90% dengan kriteria sangat efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran berbasis Introduction, Connection, Application, Reflection, Extention (ICARE)  yang dikembangkan tergolong sangat valid, praktis, dan efektif.

 

Kata kunci: Pengembangan, Modul, ICARE


Full Text:

PDF

References


Fitri. (2012). Keberhasilan Kurikulum 2013. Www.Kemdikbud.Go.Id. https://lldikti12.ristekdikti.go.id/2012/12/27/keberhasilan-kurikulum-2013.html

Gazali, R. Y. (2016). Development of mathematics teaching materials for junior high school students based on Ausubel learning theory. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182.

Hamzah, A. (2020). Metode penelitian & pengembangan (research & development) (ke-2). CV. Literasi Nusantara Abadi.

M.Guntur, A.Muchyidin, W. winars. (2017). Pengaruh penggunaan bahan ajar matematika bersuplemen komik terhadap kemandirian belajar siswa Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Syekh Nurjati Cirebon. 6(1), 43–51.

Nurhidayati, S., Tayeb, T., Masalah, B., & Penalaran, K. (2017). 236 ] Copyright © 2017, MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran. 5(2), 236–250.

Purwaningsih. (2019). Pengembangan modul pembelajaran matematika materi statistika berbasis icare ( introduction , connection , application , reflection , extention ).

Salsabia, A. & P. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa sekolah dasar. 2, 278–288.

Saputra, R., Falahudin, I., & Testiana, G. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis komputer untuk siswa kelas viii di smp negeri 19 palembang.

Utami, D. A. Y. (2020). Analisis kebutuhan pengembangan e-modul menggunakan kvisoft flipbook maker pro untuk siswa sma kelas XI. 2018.

Yulianti, N. W., & Ma’rufi, M. (2019). Analisis Keterlaksanaan Pendekatan Pemecahan Masalah Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 71–85. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v4i2.1444


Refbacks

  • There are currently no refbacks.