Alat Evaluasi sebagai Indikator Keberhasilan Pembelajaran

Wahyuningsih Wahyuningsih

Abstract


ABSTRAK

Evaluasi pembelajaran merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari komponen-komponen pembelajaran. Oleh karena itu, hasil evaluasi juga harus berkaitan dengan komponen-komponen pembelajaran yang terdiri dari perencanaan, kegiatan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Ketiga komponen tersebut saling berhubungan satu dengan yang lain dan selanjutnya dapat memberikan informasi tentang kompetensi yang dimiliki siswa. Selain itu, melalui evaluasi akan dapat diketahui efektivitas kinerja guru. Evaluasi juga dapat digunakan untuk perbaikan dan pengembangan kurikulum. Salah satu alat ukur yang sering digunakan untuk mengetahui kompetensi guru adalah menyusun alat evaluasi yang disebut tes. Dengan demikian, guru harus memiliki pemahaman dan keterampilan menyusun tes. Berdasarkan pengamatan dari berbagai naskah soal yang berhasil dikumpulkan, diketahui banyak materi soal sebagai alat tes yang penyusunannya masih diranah ingatan (C1), pemahaman (C2), dan penerapan (C3). Sehubungan dengan hal tersebut paparan ini berusaha mendeskripsikan (1) hubungan antara tujuan pembelajaran dan tes dan (2) mendeskripsikan kriteria penyusunan alat tes yang baik. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif karena data yang diteliti berupa kata-kata, kelompok kata, kalimat dalam naskah soal sumatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa soal sebagai alat tes yang disusun oleh guru masih di level kognitif ingatan, pemahaman, dan penerapan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, perlu diadakan sosialisasi dalam penyusunan naskah soal sebagai alat tes baik oleh perguruan tinggi maupun pemerintah.

 

Kata kunci: Alat, Evaluasi, Indikator, Keberhasilan, Pembelajaran

 

 

ABSTRACT

Learning evaluation is an activity that cannot be separated from the learning components. Therefore, the evaluation results must also relate to learning components consisting of planning, learning activities, and evaluation of learning. These three components are interconnected with one another and can then provide information about the competencies students have. Besides, through evaluation, it can be seen the effectiveness of teacher performance. Evaluation can also be used for curriculum improvement and development. One measuring tool that is often used to determine teacher competence is to arrange an evaluation tool called a test. Thus, the teacher must have the understanding and skills to prepare the test. Based on observations from various manuscripts that have been collected, it is known that a lot of question material is a test tool whose preparation is still memorized (C1), understanding (C2), and application (C3). In this regard, this presentation seeks to describe (1) the relationship between learning objectives and tests and (2) describe the criteria for developing a good test kit. The method used is a descriptive qualitative method because the data studied are words, groups of words, sentences in the text of summative questions. The results of this study indicate that the questions as test kits compiled by the teacher are still at the cognitive level of memory, understanding, and application. Based on the results of the research, it is necessary to hold socialization in the preparation of the question text as a test tool both by universities and the government.

 

Keywords: Tools, Evaluation, Indicators, Success, Learning


Full Text:

PDF

References


Basrowi dan Suwandi (2008). Memahami penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Djiwandono, M.Soenardi (1996). Tes Bahasa dalam Pengajaran. Bandung: ITB.

Nurgiyanto, Burhan. (1988), Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE

Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan Desain sistem Pembelajaran. Jakarta: Rencana

Wahyuni, S. (2008). Universitas Islam Malang. https://www.google.com/search?q=kurniawan+adi+santoso&rlz=1C1GGRV_enID809ID809&oq=kurniawan+adi+santoso&aqs=chrome..69i57.5995j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8


Refbacks

  • There are currently no refbacks.