Analisis Pemecahan Masalah Pembelajaran IPA menggunakan Model Problem Based Learning SDN Banyuajuh 9

Yulistiana Yulistiana, Agung Setyawan

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan memecahkan masalah pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menggunakan model Problem Based Learning (PBL) serta meningkatkan konsep pemahaman pembelajaran IPA dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru (wali kelas) dan siswa kelas V UPTD SDN Banyuajuh 9 Bangkalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran, materi yang dianggap sulit dapat meningkatkan konsep pemahaman terhadap siswa, memberikan pengetahuan secara konkret kepada siswa melalui media pembelajaran, serta hasil belajar siswa meningkat. Kesimpulannya model Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V di UPTD SDN Banyuajuh 9 Bangkalan.

 

Kata Kunci : Pemecahan Masalah,  IPA,  Model Problem Based Learning

 

 

ABSTRACT

This study aims to describe the ability to solve problems in Natural Science learning using the Problem Based Learning (PBL) model and to improve the concept of understanding science learning in improving student learning outcomes. This Classroom Action Research is motivated by the low value of Natural Science learning. This type of research uses descriptive qualitative research. The data collection techniques used were observation, interview and documentation. Data were analyzed through data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The subjects in this study were the teacher (homeroom teacher) and fifth grade students of the UPTD SDN Banyuajuh 9 Bangkalan. The results showed that the Problem Based Learning (PBL) model can improve problem-solving skills, student activeness in learning activities, material that is considered difficult can improve the concept of understanding towards students, provide concrete knowledge to students through learning media, and increase student learning outcomes. In conclusion, the Problem Based Learning (PBL) model is able to improve student learning outcomes in class V science learning at UPTD SDN Banyuajuh 9 Bangkalan.

 

Keywords: Problem Solving, Problem Based Learning


Full Text:

PDF

References


Dewantara, D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA (Studi Pada Siswa Kelas V SDN Pengembangan 6 Banjarmasin). Banjarmasin: Jurnal Paradigma, 11 (2), 41-44.

Mujiyono, Anik R. (2015). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Problem Based Learning. Semarang: Joyful Learning Jurnal, 4 (3), 67-74.

Mustamilah. (2015). Peningkatan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Sub Tema Merawat Tubuhku Siswa Kelas 1 SD Negeri Gosono-Wonosegoro. Boyolali: Scholaria, 5 (2), 70-79.

Setiyaningrum, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 1 (2), 99-108.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.