Identifikasi Hasil Belajar IPA pada Materi Metamorfosis Kelas IV SDN Buluh 2

Sulistiyowati Sulistiyowati, Agung Setyawan, Tyasmiarni Citrawati

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SDN Buluh 2 pada materi metamorfosis. Penelitian ini mrenggunakan metode kuantitatif deskriptif dimana teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan interview (wawancara).  Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Buluh 2 Desa Buluh Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan yang berjumlah 23 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampel. Pengumpulan data dilakukan pada  21 Februari sampai 25 Februari 2020. Teknik analisis ata berupa hasil belajar yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan rumus penilaian dengan persen. Hasil studi pendahuluan ini menunjukkan bahwa hanya terdapat 9 dari 23 siswa yang mencapai nilai KKM. Jadi, jika dipresentasikan sebanyak 39% siswa yang dapat mencapai nilai KKM dan 61 % mendapatkan nilai di bawah KKM. Berdasarkan hasi analisis data, pada kelas IV SDN Buluh 2 dapat diketahui bahwa model pembelajaran yang digunakan guru pada saat pembelajaran mempengaruhi hasil belajar siswa pada materi metamorfosis.

 

Kata kunci: Identifikasi, Metamorfosis,  Hasil Belajar Siswa.

 

 

ABSTRACT

Abstract in English The purpose of this study was to determine the learning outcomes of Grade IV SDN Buluh 2 students on metamorphosis material. The method used in this research is descriptive quantitative where the data collection techniques used are tests, observations, and interviews (interviews). The sample of this research is the fourth grade students of SDN Buluh 2, Buluh Village, Socah District, Bangkalan Regency with a total of 23 people. Sampling in this study used a purposive sample technique. Data collection was conducted on February 21 to February 25, 2020. Analysis techniques in the form of learning outcomes obtained were then analyzed using the grading formula with percent. The results of this preliminary study showed that only 9 out of 23 students achieved the KKM score. So, if presented as many as 39% of students who can achieve the KKM value and 61% get grades below the KKM. Based on the results of data analysis, in class IV SDN Buluh 2 it can be seen that the learning model used by the teacher during learning influences student learning outcomes in metamorphosis material.

 

Keywords: Identification, Metamorphosis, Student Learning Outcome


Full Text:

PDF

References


Dian Insani, Metri. (2016). Studi Pendahuluan Identifikasi Kesulitan Dalam Pembelajaran Pada Guru IPA SMP Se-Kota Malang. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 91.

Hakim, Thursan. (2000). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara

Handayani, Triastututi, dkk. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Curricula, 2(1), 22.

Hariyanti dan Amin. 2016. Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Pembelajaran TerhadapMotivasi Belajar Siswa. Jurnal Curricula, 1(2), 20.

Iranto, Sugeng Yuli. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Lefudin. 2017. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Nurmisanti. (2017). Identifikasi Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 2(1), 17.

Rukajat, Ajat. (2018). Pendekatan Peneliyian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sujana, Atep. (2014). Dasar-Dasar IPA: Konsep dan Aplikasinya. Bandung: UPI Press.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Syahputra, Edi. (2020). Snowball Thhrowing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura.

Tanamir. (2016). Hubungan Minat Terhadap Bentuk Tes dan Gaya Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Geografi di SMA Negeri Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Curricula, 1(2), 56.

Waslima, Iin. (2007). Problematika Pendidikan Dasar, Modul Pembelajaran. Bandung: Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.