Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Aljabar melalui Pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya di Kelas VIIA

Rizkia Nur Laili, Suen Yektiana, M. Zainudin

Abstract


ABSTRAK

Pada pembelajaran Aljabar Matematika siswa kelas VII A SMP Al-Amanah Bojonegoro masih banyak nilai di bawah KKM (65) terutama dalam menyelesaikan soal-soal. Oleh karena itu, perlu adanya upaya peningkatan hasil belajar siswa salah satunya melalui pembelajaran kooperatif tutor sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VII A SMP Al-Amanah Bojonegoro pada materi Aljabar melalui pembelajaran kooperatif tutor sebaya. Subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini melibatkan 40 siswa kelas VII A SMP Al-Amanah Bojonegoro. Data yang dikumpulkan yaitu hasil belajar siswa, hasil observasi guru dan hasil observasi siswa. Penelitian ini dilakukan pada 2 siklus dalam 4 tahap antara lain : tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Berhasilnya penelitian ini apabila 85 % siswa memeperoleh nilai ≥ 65. Hasil penelitian diperoleh ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 67,5 % dengan nilai rata-rata 71,225 dan pada siklus II sebesar 90% dengan nilai rata-rata 77,925. Skor aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 70 % dan siklus II adalah 85 %. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkam bahwa pada siklus I hasil belajar belum tercapai sesuai harapan yang menunjukkan indikator keberhasilan belum tercapai, sedangkan pada siklus II hasil belajar sudah sesuai harapan yang menunjukkan indikator keberhasilan sudah tercapai.

 

Kata kunci: hasil belajar, tutor sebaya, konsep, aljabar

 

 

ABSTRACT

In learning Mathematics Algebra for students of class VII A SMP Al-Amanah Bojonegoro still have a lot of grades under KKM (65), especially in solving problems. Therefore, there needs to be an effort to improve student learning outcomes one of them through peer tutoring cooperative learning. This study aims to determine the learning outcomes for students of class VII A SMP Al-Amanah Bojonegoro on Algebra material through peer tutoring cooperative learning. The Classroom Action Research (PTK) subject involved 40 students of class VII A SMP Al-Amanah Bojonegoro. The data collected are student learning outcomes, teacher observation results, and student observation results. This research was conducted in 2 cycles in 4 stages including planning, implementing actions, observing, and reflecting. The success of this study if 85% of students obtained a value of ≥ 65. The results obtained by students learning completeness in the first cycle of 67.5% with an average value of 71.225 and in the second cycle of 90% with an average value of 77.925. The score of student learning activities in cycle I was 70% and cycle II was 85%. Based on these data it can be concluded that in the first cycle learning outcomes have not been achieved as expected which indicates indicators of success have not been achieved, while in the second cycle learning outcomes are in line with expectations that indicate indicators of success have been achieved.

 

Keywords: Learning Outcome, Peer Tutor, Concepts, Algebra


Full Text:

PDF

References


Reziyustikha, L. (2017). pembelajaran koperatif dengan pendekatan tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar pada mata kuliah aljabar linear mahasiswa informatika. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 97-102.

Riyanti, E. (2017). Model pembelajaran kooperatif tutor sebaya. Retrieved from repo.Iain-tulungagung.ac.id

Sukamti. (2012). Peningkatan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal SPLDV melalui implementasi pembelajaran kooperatif tutor sebaya. Jurnal UNY.

Taslim. (2016). Upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui pendekatan matematika realistik di kelas viii.3. Jurnal Konseling Pendidikan, 62-65.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.