Analisis Perkembangan Emosi Peserta Didik dalam Pendidikan di SDN Mlajah 1 Bangkalan

Nur Diana Firdaus, Siti Nurrohmah, Lailatul Jannah, Sitti Norkholizah, Clodia Cindi Aurora

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan emosi peserta didik dalam pendidikan di SDN Mlajah 1 Bangkalan. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dan angket. Penelitian  ini ditujukan kepada siswa kelas rendah dan kelas tinggi di SDN Malajah 1 Bangkalan. Di SDN Mlajah 1 Bangkalan menggunakan pembelajaran ceramah (konvensional) dan instrumen angket serta wawancara akan diberikan setelah penerapan pembelajaran metode ceramah. Sampel dari penelitian ini adalah 19 siswa dari kelas 2, 9 siswa dari kelas 3, 10 siswa kelas 4, dan 10 siswa kelas 5. Berdasarkan penelitian ini pada hasil wawancara dan angket menunjukkan bahwa perkembangan emosi siswa dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, yakni lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Simpulan dari penelitian ini adalah perkembangan emosi siswa secara signifikan dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa tergantung dari masing-masing individu siswa dan lingkungan sekitarnya.

 

Katakunci : Sekolah Dasar, Perkembangan Emosi, Peserta Didik.

 

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the emotional development of students in education at SDN Mlajah 1 Bangkalan. This research method uses descriptive qualitative. The instruments used in this study were interviews and questionnaires. This research was aimed at low and high class students at SDN Malajah 1 Bangkalan. In SDN Mlajah 1 Bangkalan using lecture learning (conventional) and questionnaire instruments and interviews will be given after the application of lecture method learning. The sample of this study was 19 students from class 2, 9 students from class 3, 10 students in grade 4, and 10 students in grade 5. Based on this study the results of interviews and questionnaires showed that the emotional development of students was influenced by the surrounding environment, namely the family environment, school environment, and community environment. The conclusion from this study is that the emotional development of students can significantly affect student learning outcomes depending on each individual student and the surrounding environment.

 

Keywords :Elementary school, emotional development, learners.


Full Text:

PDF

References


Ananda, R & Fadhilaturrahmi. (2018). “Analisis Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Kolaboratif pada Anak KB” Jurnal Obsesi : Jural Anak Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 2. No. 1, h 21-22.

Assingkily, M.S. & Hardiyati, M. (2019). “Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai Dan Tidak Tercapai Siswa Usia Dasar” Journal Of Islamic Primary Education, Vol. 2 No 2, h 19-31.

Bachri Thalib. S. (2017) “Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif” Jakarta : Prenada Media Group.

Dewi, K.N. (2017). “Pengaruh Metode Bermain Peran Terhdap Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Kelompok B Di Taman Kank-Kanak Gugus VII Kecamatan Buleleng” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesa, Vol. 5 No. 3, h 307.

Dhalu, M.A. & Anrada, A. (2019). “Analisis Perkembangan Sosial Emosional Tidak Tercapai Pada Siswa Kelas 1 SD Jaranan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta” Jurnal FKIP Unipa Surabaya, Vol. XV No. 28.

Ekosiswoyo, R., dkk. (2016). “Potensi Keluarga Dalam Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Pada Anak Usia Dini” Jurnal Edukasi Unnes, Vol. 1 No. 1, h 5.

Fitri, H. (2017). “Perkembangan Emosional Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Ditinjau Dari Ibu Yang Bekerja” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 1 No. 1, h 33.

Hakim, Abd. (2020). “Pengaruh Pendidikan Formal Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di Madrasah Ibtidaiyah Thoriqus Salam Sidoarjo” Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, Vol. 13 No. 1, h 35.

Kumara, A & Sulistyaningsari, A,. dkk. (2018). Mengenali Dan Menangani Emosi Pada Siswa. Yogyakarta: PT Kanisius.

Putri, M.A., dkk. (2019). “Pengaruh Iringan Gitar Terhadap Kecerdasan Emosional Anak di PAUD Terpadu Bhakti Bunda Padang” Journal On Teacher Education, Vol. 1 No. 1, h 2.

Salam, A. (2018). “Sistem Stimulasi Dalam Perkembangan Emosi Anak Usia Dini Di TK Mutiara Hati Palu” Jurnal ECEIJ, Vol. 1 No. 2, h 46.

Sastradiharja, E.J & Sari, W.D. (2019). “Pengaruh Persepsi Faktor Rasional dan Emosional Terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa Di Sekolah Dasar Ilsam Terpadu Lentera Ilmu Kota Tangerang” Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1 No. 1, h 103-128.

Trihastuti, A,. dkk. (2018). “Pengaruh Dongeng Dalam Peningkatan Emosi Posistif Anak Usia Prasekolah” Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam (JPPI), Vol. 15 No. 2, h 2.

Tusyana, E., dkk. (2019). “Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai Siswa Usia Dasar”. Jurnal Inventa, Vol 3. No 1.

Wijirahayu, A,. dkk. (2016). “Kelekatan Ibu-Anak, Pertumbuhan Anak, Dan Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Prasekolah” Jurnal Ilm. Kel & Kons. Vol. 9 No. 3, h 172.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.