Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Permainan Catur Kuta Bali di Sekolah Dasar

Martin Indah

Abstract


ABSTRAK

Kemampuan berpikir kritis harus dimiliki setiap siswa. Hal ini dikarenakan kemampuan berpikir kritis mendorong untuk berpikir rasional dan logis dalam menyelesaikan masalah dan mencari solusi atau alternatif pemecah masalah. Melalui pembelajaran Matematika siswa dapat dilatih untuk memiliki kemampuan berpikir kritis. Salah satu upaya untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar (SD) dalam pembelajaran Matematika adalah dengan menggunakan media permainan Catur Kuta Bali. Media permainan ini menuntut siswa untuk memecahkan masalah dan mengajukan masalah sehingga siswa berperan sebagai seorang pemikir kritis. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dan (2) mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media permainan Catur Kuta Bali dalam pembelajaran Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas 3 SDN 2 Kedungrejo Kecamatan Modo sebanyak 8 siswa. Teknik pengumpulan data berupa video, foto, tes, instrumen lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa, catatan lapangan, dan wawancara tidak terstruktur.. Teknik analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir kritis yang dicapai siswa secara keseluruhan berada pada kategori tinggi dan (2) siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan media permainan Catur Kuta Bali.

 

Kata kunci: Kemampuan berpikir kritis, Respon siswa, Catur Kuta Bali

 

 

ABSTRACT

The ability to think critically must be possessed by every student. This is because the ability to think critically encourages rational and logical thinking in solving problems and finding solutions or alternative problem solvers. Through mathematics learning, students can be trained to have critical thinking skills. One effort to practice the critical thinking skills of elementary school students in learning mathematics is to use the Kuta Bali Chess media. This game media requires students to solve problems and propose problems so students act as critical thinkers. Based on this the research was carried out aimed at (1) knowing students 'critical thinking skills and (2) knowing students' responses to the use of Kuta Bali Chess media in Mathematics learning. This research is descriptive research. The subjects were grade 3 students of SDN 2 Kedungrejo, Modo District, with 8 students. Data collection techniques in the form of videos, photos, tests, observation sheets of students' critical thinking skills, field notes, and unstructured interviews. Data analysis techniques use percentages. The results showed that (1) the critical thinking skills achieved by students as a whole were in the high category and (2) students gave a positive response to the use of the Kuta Bali Chess game media.

 

Keywords: Critical thinking skills, Student responses, Chess Kuta Bali

 


Full Text:

PDF

References


Adinda, Anita. 2016. Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma Vol. IV No. 01 Januari 2016

Fisher, A. 2009. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Diterjemahkan oleh Benyamin Hadinata. Erlangga, Jakarta.

Johnson, Elaine B. 2007. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006

Sari. 2016. Bermain Catur Kuta Bali di Klub Pijar. Diakses di http://cerivitas.com/web/bermain-catur-kuta-bali-di-klub-pijar/ pada tanggal 05 Oktober 2017

Slavin, R.E. 2009. Psikologi Pendidikan : Teori dan Praktik. Diterjemahkan oleh Marianto Samosir. PT Indeks, Jakarta.

Susanto, A. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.