Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Hitung Perkalian melalui Metode Hand-Sis pada Pembelajaran Matematika SD

Lailatus Shoifa, Ulwy Hamidah H.Q., M. Zainudin

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah penampilan guru dalam mengajar berada pada klasifikasi baik untuk mendukung peningkatan keterampilan hitung dan motivasi belajar, (2) meningkatkan motivasi belajar siswa, dan (3) meningkatkan keterampilan hitung perkalian siswa kelas 5 SDN Sumbertlaseh 1 melalui metode Hand-sis pada pembelajaran matematika dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, tes tskala motivasi, catatan lapangan, dan tes kemampuan hitung. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan: (1) penampilan guru dalam mengajar memperoleh skor 149,09; 166,29; dan 185,56 dengan klasifikasi baik pada siklus 1, 2, dan 3. (2) motivasi peserta didik meningkat dari siklus 1, 2, dan 3 berturut-turut senilai 61,64, 65,33 dan 67,62 sedangkan hasil tes skala motivasi meningkat dengan skor pada siklus 1, 2, dan 3 senilai 78,06, 82,83, dan 86,76. (3) Hasil tes keterampilan hitung siklus 3 memperoleh skor 92,03 pada level I, 88,40 pada level II, 80,04 pada level III, dan 78,09 pada level IV.

 

Kata Kunci: keterampilan hitung perkalian, motivasi belajar, metode Hand-sis, Perkalian.

 

 

ABSTRACT

This study aims to: (1) find out whether the teacher's performance in teaching is in good classification to supportthe increase in arithmetic skills and motivation to learn, (2) increase student motivation, and (3) increase the multiplication fraction counting skills of 5th grade students in SDN Sumbertlaseh 1 through the Hand-sis method in mathematics learning using classroom action research design. Data collection techniques using: observation, motivation scaletest, field notes, and arithmetic skills test. Data analysis was carried out qualitatively and quantitatively. The results showed: (1) the teacher's performance in teaching obtained a score of 149.09; 166.29; and 185.56 with a good classification in cycles 1, 2, and 3. (2) the motivation of students increases from cycles 1, 2, and 3 respectively worth 61.64, 65.33 and 67.62 while the scaletest results motivation increases withscores in cycles 1, 2, and 3 valuedat 78.06, 82.83, and 86.76. (3) The results of thecycle 3 computeskills test obtained a scoreof 92.03 at level I, 88.40 at level II, 80.04 at level III, and 78.09 at level IV.

 

Keywords: multiplication skills, learning motivation, Hand-sis method, Multiplication.

 


Full Text:

PDF

References


Asnita, Dewi. 2011. Penerapan Metode Hand-sis untuk meningkatkan hasil belajar pada pelajaran matematika SD. FTIK UIN Sultan Syarif Kasim Pekanbaru: Pekanbaru.

Ayres, H. W. (2005). Factors related to motivation to learn and motivation to transfer learning in a nursing population. (Disertasi doktor, North Carolina State University, 2005). UMI, 3162411.

Djohar. (2006). Guru, pendidikan & pembinaannya (penerapannya dalam pendidikan dan UU guru). Yogyakarta: CV Grafika Indah.

Hendra dan Widiastuti, A. Nur. 2009. Jari Hitung ABC. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes. Jogjakarta: Mitra Cendikia Press.

Ristanti, Yuni. (2016). Peningkatan motivasi dan keterampilan hitung pecahan desimal melalui media manipulatif pada pembelajaran tematik integratif SD. Jurnal UNY.

Widoyoko, E. P. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran. FKIP UNS Surakarta: Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.