Pengaruh Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Dalam Pelajaran Matematika Kelas I SDN Telang 1

Khulalil Khauro, Agung Setyawan, Tyasmiarni Citrawati

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitihan Penelitian ini adalah untuk mengetahui studi awal dalam Identifikasi permasalahan yang dihadapi kelas I  SDN Telang 1 dalam Pembelajaran Matematika.Waktu pelaksanaan pengambilan data dimulai dari tanggal 26 februari 2020 di SDN telang 1 sampai selesai. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dimana intrumen yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi dan tes hasil belajar (kognitif). Angket, wawancara dilakukan setelah pelaksanaan penerapan metode ceramah, lembar pengamatan untuk mengamati pelaksanaan metode cerama sedangkan tes hasil belajar kognitif dengan KKM 70. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling, dengan populasi 22 siswa kelas I dan sampel 22 siswa kelas 1. Hasil yang di dapat peneliti pada angket dan wawancara membuat siswa tidak memahami materi yang di sampaikan guru. Sedangkan hasil dari pengamatan siswa siswa kurang dalam memahami penjelasan dari guru sehingga menunjukkan bahwa hasil belajar tergolong masih sangat kurang (65%).

 

Kata kunci: Metode Ceramah, Hasil Belajar, Siswa Kelas I

 

 

ABSTRACT

The purpose of this research research is to find out a preliminary study in the identification of problems faced by Class I of SDN Telang 1 in Mathematics Learning. The time for data collection starts from February 26, 2020 at SDN Telang 1 until completion. This research method uses qualitative research where the instruments used are questionnaires, interviews, observations and learning outcomes tests (cognitive). Questionnaire, interviews were conducted after the implementation of the lecture metode, observation sheets to observe the implementation of the lecture metode while the cognitive learning outcomes test with KKM 70. The sampling technique in this study used a total sampling technique, with a population of 22 students in class I and a sample of 22 students in class 1. The results of this study indicate that the results of questionnaires and interviews make students not understand the material conveyed by the teacher. While the results of students' observations of students lacking in understanding the explanation of the teacher so that shows that learning outcomes are classified as still very lacking (65%).

 

 Keywords: Lecture Method, Learning Outcome, Class I Student


Full Text:

PDF

References


Amir, Almira. "Pemahaman konsep dan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika." Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan Dan Sains 3.1 (2015): 13-28.

Astuti, A. (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (Rme) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 49-61.

Djiwandono, S. E. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Molstad, C. E., & Karseth, B. (2016). National Curricula in Norway and Finland: The Role of Learning Outcomes. European Educational Research Journal , 15 (3), 329-344.

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nemeth, J., & Long, J. G. (2012). Assessing Learning Outcomes in U.S. Planning Studio Courses. Journal of Planning Education and Research , 32 (4), 476-490.

Novita Dwi Astuti. “ PENGARUH METODE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA “journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/pengaruh-metode-terhadap-hasil-belajar-matematika-ditinjau-dari-kemandirian-belajar-siswa (2017).

Kulsum, Nugroho. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Ilmiah Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. Semarang: Unnes Physics Education Journal.

Lenher, D., & Wurzenberger, J. (2013). Global Education – An Educational Perspective to Cope with Globalization ? Campus-Wide Information System , 30 (5), 257-368.

Lestari, Khasanah. PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MEDIA POP-UP BOOK PADA SISWA KELAS III MI NEGERI 9 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diss. IAIN SALATIGA, 2018.

Mudrikah, S. (2015). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Madrasah Tsanawiyah Negeri Pucanglaban.

Rahayu, Esty. Pembelajaran sains dengan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Diss. Universitas Negeri Semarang, 2011.

Sugiyono. 2009. Statistika Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Yamin M. 2013. Manajemen Kurikulum Pendidikan. Jogjakarta: Diva Press.

Young, M. E., Klemz, B. R., & Murphy, J. W. (2003). Enhancing Learning Outcomes: The Effects of Instructional Technology, Learning Style, Instructional Methods and Student Behavior. Journal of Marketing Education , 25, 130.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.