Talking Pen Book sebagai Media dalam Membantu Kemampuan Membaca Siswa

Khotimatul Hosna

Abstract


ABSTRAK

Kemampuan membaca sangatlah penting di dunia pendidikan, namun sayangnya banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam hal tersebut dikarenakan berbagai buku yang tersedia saat ini hanyalah berupa rangkaian kata-kata dalam bentuk tulisan tanpa audio pelafalannya, sehingga peserta didik tidak mengetahui cara membaca teks tersebut dengan benar. Keadaan itu menjadikan banyak pabrik membuat inovasi baru suatu buku yang memiliki tampilan menarik  dengan paduan teknologi, yaitu Talking Pen Book. Media ini dibuat dengan tujuan meningkatkan minat anak dibawah umur untuk belajar, khususnya dalam hal membaca. Isi dari Talking Pen Book berupa kumpulan tulisan dan gambar yang difasilitasi audio di dalamnya. Audio dapat mengeluarkan suara pelafalan dari tulisan yang dipilih menggunakan bulpen, sehingga akan mempermudah anak untuk meningkatkan kemampuan membacanya dan memberikan dampak positif pada minat mereka untuk membaca.

 

Kata Kunci: Kemampuan membaca, Talking Pen Book, Media Pembelajaran

 

 

ABSTRACT

An ability to read is too important in the world of Education. But unfortunately, many students get difficulty concerning this matter due to the various books that available are only in the form of a series of words today, without an audio pronunciation. Thus, the students will not know how to read the text correctly. Because of this situation, many factories make new innovations of a book that has an attractive appearance with a blend of technology. It’s the Talking Pen Book. This media was created with the aim of increasing the interest of minors to learn especially, in reading. The contents of Talking Pen Book are a collection of writing and images which are facilitated by audio in it. The audio is able to produce pronunciation sounds from selected writing by using a pen so that it will make it easier for children in improving their ability of reading and it has a positive impact on their interest in reading.

 

Keywords: Reading ability, Talking  Pen Book, Learning Media

 

 


Full Text:

PDF

References


Anwas, O. M. (2016). Model Buku Teks Pelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Kwangsan, 4, 17-32. Diambil dari https://media.neliti.com/media /publications/286922-model-buku-teks-pelajaran-berbasis-tekno-a428e23c.pdf

Chan, C. K., & Kawai C. (2003). Book that Can Read Languages and Sentences. Patent Application Publication, 1-7. Diambil dari https://patentimages.storage.googleapis .com/47/4f/97/9d1252dfe47cd7/US20030108854A1.pdf

Chotimah, C., & Muhammad F. (2018). Paradigma Baru Sistem Pembelajaran: dari Teori, Metode, Model, Media, Hingga Evaluasi Pembelajaran (Cetakan 1). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hartati, S. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Stimulasi Sensori Pendengaran Bagi Anak Toddler di TPA/PAUD. Early Childhood Education Journal of Indonesia, 2, 1-5. Diambil dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eceji/article/view /32426/13871

Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran (Cetakan 1). Jakarta: Kencana.

Kharizmi, M. (2019). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jurnal Pendidikan Almuslim, 7, 94-102. Diambil dari http://jfkip.umuslim.ac .id/index.php/jupa/article/viewFile/452/313

Meliyawati. (2016). Pemahaman Dasar Membaca (Cetakan 1). Yogyakarta: Deepublish.

Pim, Chris. Tanpa Tahun. Multi-Modal Literacies: Developing the ‘Talking Pen’ to meet the distinctive needs of students Learning English as an Additional Language. Diambil tanggal 1 September, 2020, dari https://www.academia.edu/11985474/Multi-modal_literacies _Developing_the_Talking_Pen_to_meet_the_distinctive_needs_of_students_learning_English_as_an_Additional_Language

Rahmayani, T. (2018). Pergeseran Otoritas Agama dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 3, 189-20. https://doi.org/10.24090/maghza.v3i2.2133

Situs web Pusat Penilaian Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Diambil tanggal 1 September, 2020, from https://puspendik.kemdikbud.go.id/inap-sd/

Srindaningsih. (2017). Jurus Epic Happy Membaca: Cara Menciptakan Hobi Membaca (Cetakan 2) Sidoarjo: Embrio Publisher

Sumiharsono, M. R., & Hisbiyatul H. (2017). Media Pembelajaran (Cetakan 2). Jember: CV Pustaka Abadi

Ulwiya, R., & Esti N. (2019). Indonesia Membaca. Gurupedia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.