Hakikat, Peran Guru, Permasalahan, dan Solusi dalam Kesulitan Belajar terhadap Siswa SD Kelas 1-6 UPTD SDN Socah 2

Eva Rohmawati, Asha Novia Anggraini, Dini Haryadi, Alya Khoirun Nisa’, Miftahul Muhashola

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar siswakelas 1,2,4, dan 6 Di UPTD SDN SOCAH 2.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dimana instrument yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan angket. Wawancara dilakuakan secara langsung kepada guru setelah proses belajar mengajar dan untuk pembagian angket dibagikan kepada siswa kelas 1,2,4, dan 6 sebagai pengukur untuk mengetahui kemampuan setiap individu.  Sampel penelitian ini diambil dari siswa kelas 1,2,4, dan 6 UPTD SDN SOCAH 2 yang keseluruhan total siswa tersebut yaitu 94 siswa. Hasil penelitian ini yang diambil dari hasil wawancara dan pengisian angket setiap individu maka menunujukan bahwa terdapat beberapa  anak yang mengalami kesulitan belajar seperti dalam segi menulis,membaca dan memahami materi. Hal ini dipengaruhi oleh 2 faktor permasalahan yaitu eksternal dan internal. Faktor permasalahan internalnya berasal dari diri siswa itu sendiri, siswa yang belumbiasmembaca, menulis, dan memahami materi dan cenderung hanya diam sehingga menyebabkan siswa akan ketinggalan materi yang diajarkan. Sedangkan dalam  faktor permasalahan eksternal berasal dari lingkungan sekitarnya yaitu keluarga yang kurang memberikan dorongan untuk belajar sehingga menyebakan minat siswa untuk belajarpun menjadikurang. Peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar dengan cara memberikan perhatian lebih kepadasiswa yang bersangkutandan mengadakan jam tambahan untuk siswa yang mengalami kesulitan belajar (Bimbel) agar siswa tersebut tidak ketinggalan materi yang diajarkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kesulitan belajar yang dialami siswa kelas 1,2,4, dan 6 dikarenan faktor tertentu yang mempengarui daya kemampuan setiap individu siswa untuk belajar.

 

Kata kunci:  Faktor Permasalahan, Siswa, kesulitan Belajar

 

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the learning difficulties of students 1,2,4, and 6 in UPTD SDN SOCAH 2. The research method used was a qualitative method, where the instruments used were documentation, interviews, and questionnaires. Interviews were conducted directly to the teacher after the learning process and to questionnaires distributed to students in grade 1,2,4, and 6 as a measurement to determine the ability of each individual. The sample of this research was taken from students in grades 1,2,4, and 6 UPTD SDN SOCAH 2, with a total of 94 students. The results of this study were taken from the results of interviews and questionnaires for each individual and then indicated that there are some children who have learning difficulties such as in terms of writing, reading and understanding the material. This is influenced by 2 problem factors, namely external and internal. Internal problem factors come from students themselves, students who have not been able to read, write, and understand the material and tend to be silent so that students will lose the material being taught. Whereas in the case of external problems originating from the surrounding environment ie families who do not provide enough encouragement to learn so that students' interest in learning becomes less. The teacher's role in overcoming learning difficulties by giving more attention to the students involved and holding additional hours for students who have learning difficulties (Bimbel) so that students do not miss the material being taught. The conclusion of this study is the learning difficulties experienced by students grades 1,2,4, and 6 due to certain factors that affect the ability of each individual student to learn.

 

Keyword: Factors Issues, Student, Learning Difficulties

 


Full Text:

PDF

References


Ariyanto, Ayok. (2016). Mengatasi Kesulitan Belajar Melalui Metode Drill. Jurnal MUADDIB.(online), vol 6, no.1

Creswell, J. (2008). Educational Reseach. Planning, Counducting, and Evaluating Quantitive and Qualitative Research. Pearsonprentice Hall.

Dalyono, M.(2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Heronimus, D.P.,& Muhammad N.W. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kota Tambolaka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, vol. 2, no.1.

Husamah, Pantiwati, Yuni, dkk. Belajar Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah.

Malang.

Noer, Rohmah. Psikologi Pendidikan. CV. Jakad Media Publishing.

Silalahi, Ulber. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.