Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Kontekstual terhadap Prestasi Belajar Matematika

Eva Ayu Meydiawati, Ari Indriani

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan kontekstual terhadap prestasi belajar matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Babat Lamongan tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian komparasi. Desain penelitian yang digunakan Quasi-Experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII berjumlah 60 siswa, dengan sampel kelas VIII-A berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen 1 yang diberi perlakuan berupa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas VIII-B berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen 2 yang diberi perlakuan model pembelajaran kontekstual. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampling Jenuh. Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode tes. Teknik analisis data atau pengujian hipotesis menggunakan teknik statistik uji t dengan rumus Separated Varians dan dilakukan analisis uji prasyarat diantaranya adalah uji normalitas menggunakan metode Lilliefors, uji homogenitas menggunakan metode Bartlett, serta uji keseimbangan menggunakan uji t dua pihak. Hasil penelitian ini adalah ada perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan kontekstual terhadap prestasi belajar matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Babat Lamongan tahun pelajaran 2019/2020.

 

Kata kunci: Prestasi belajar, NHT, Kontekstual

 

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the differences between NHT type cooperative learning models and contextual mathematics learning achievement in the system of linear equations for two variables of class VIII of SMP Muhammadiyah 1 Babat Lamongan in the academic year 2019/2020. This type of research is comparative research. The research design used was Quasi-Experimental design. The population in this study were all students of class VIII totaling 60 students, with a sample of class VIII-A totaling 30 students as experimental class 1 who were treated in the from of cooperative learning models of the NHT type and class VIII-B totaling 30 students as experimental class2 being treated contextual learning models. The sampling technique used is Saturated Sampling. Data collection methods in the study are interview methods, documentation methods, and test methods. Data analysis techniques or hypothesis testing using statistical techniques t test with the formula Separated Variance and the prerequisite test analysis is done including the normality test using the Lilliefors method, homogeneity test using the Bartlett method, and the balance test using the two-party t test. The results of this study are there are differences in the type of cooperative learning models NHT with contextual mathematics learning achievement on the material system of linear equations for two variables of class VIII SMP Muhammadiyah 1 Babat Lamongan in the academic year 2019/2020.

 

Keywords: Learning achievement, NHT, Contextual

 


Full Text:

PDF

References


Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Cotextual Teaching and Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Al-Muta’aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang Vol.1 No.3, 83.

Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Barid, Arin Baroroh. dkk. (2019). Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa antara Model NHT dengan Tipe Make A Match. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol.4 No.2.

Danti, dkk. (2015). Pebandingan Pembelajaran Number Head Together Dengan Team Assisted Individualization Berpendekatan Konstruktivisme Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol.2 No.1, 19.

Daryanto. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Gunawan. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Alat Ukur di SMK PIRI Sleman. Skripsi diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Dari https://eprints.uny.ac.id/37520/1/Hendra%20Gunawan%2008503244008.pdf (diakses pada tanggal 13 Desember 2019 pukul 09.55).

Hamdayana, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Keatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hamruni. (2015). Konsep dan Implementasi Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol.12 No.2, 178.

Handayani, E. S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah Vol.5 No.2, 19.

Indriani. (2011). Eksperimentasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dan Problem Solving pada Pembelajaran Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Sekecamatan Kunduran Blora Tahun Ajaran 2010/2011. TESIS diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Dari perpustakaan.uns.ac.id (diakses pada tanggal 13 Desember 2019 pukul 10.30).

Isjoni. (2010). Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan antar peserta didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Maharta, A. (2017). Perbandingan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan Make a Match untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran KKPI Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi diterbitkan. Yogyakarta: FT UNY.

Mayasari. (2016). Penerapan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk Meningkatkan Minat dan Partisipasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol. 4 No.2, 123.

Nurdyansyah & Fahyuni. (2016). Inovasi Model Pembelajaran: sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Rohman, N & Safitri, D. N. (2018). Efektifitas Pembelajaran Berbasis LCD Projector dengan Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Edutama Vol.5 No.2, 82.

Sundari, H. (2015). Model-model Pembelajaran dan Pemefolehan Bahasa Kedua/Asing. Jurnal Pujangga Vol.1 No.2, 109.

Supardi. (2013). Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Rajawali Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.