Pengaruh Motivasi Peserta Didik SDN Socah 4 dalam Proses Pembelajaran

Devita Salsabillah Damayanti, Irvania Emiliawati, A’yunun Nadhirah, Wilda Maulidiyah Saniyah

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh  motivasi  peserta didik terhadap proses pembelajaran siswa kelas I sampai dengan IV SDN Socah 4. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana instrumen yang digunakan berupa pengamatan langsung dan wawancara. Pengamatan langsung dilakukan saat sedang dalam proses Kegiatan Belajar  Mengajar dan wawancara diberikan setelah mengamati siswa dalam suatu kelas. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas I sampai dengan IV SDN Socah 4. Hasil dari penelitian ini adalah hasil wawancara yang menunjukkan bahwa motivasi peserta didik dapat membuat siswa semangat dalam proses pembelajaran. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa motivasi pada peserta didik membuat siswa dapat memiliki tujuan dalam proses belajarnya sehingga siswa lebih semangat dalam belajar. Penerapan motivasi pada siswa memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan nilai prosentase 85%. Simpulan dari penelitian ini adalah motivasi memberikan pengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa kelas I sampai dengan IV SDN Socah 4.

 

Kata Kunci: Motivasi, Peserta Didik, Pembelajaran

 

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of students' motivation on the learning process of students in grades I through IV SDN Socah 4. The method of this study uses a descriptive qualitative method in which the instruments used are direct observation and interviews.  Direct observations are made while in the process of Teaching and Learning Activities and interviews are given after observing students in a class.  The sample of this study is students of grades I through IV SDN Socah 4. The results of this study are the results of interviews which show that the motivation of students can make students enthusiastic in the learning process.  The observations show that motivation in students makes students able to have goals in the learning process so that students are more enthusiastic in learning.  The application of motivation to students has a great influence on students' cognitive learning outcomes with a percentage value of 85%.  The conclusion of this research is that motivation has a great influence on the learning outcomes of students in grades I through IV SDN Socah 4.

 

Keywords: Motivation, Students, Learning

 


Full Text:

PDF

References


Beni Alfarizi.( 2014). Studi Tentang Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengerjakan Pekerjaan Rumah Pada Mata Pelajaran Sains Kelas IV SD Iqra Muara Bulian. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi.

Dafrizal, Jamri. (2015). Mengeksplorasi Motivasi dan Pembelajaran. (Hlm. 1). Banten : Sultan Maulana Hasanuddin.

Ermelinda, Benge (2017). Hubungan Antara Minat dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA Pada Siswa SD. Diunduh dari http://biology.umm.ac.id/fim/file/571576%20Risda%20Amn.pdf.(20 April 2020).

Manuhutu, Silvia. (2015). Analisis Motivasi Belajar Internal Siswa Program Akselerasi kelas VIII SMP Negeri 6 Ambon. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 109.

Prihartanta, Widayat. (2015). Teori-teori Motivasi. Jurnal Adabiya, 1(83), 1-3.

Siyoto, Dr. Sandu. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Literasi Media Publishing.

Suprihatin, Siti. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 03(1), 75-110.

Warti, E (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Diunduh dari https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/artie/view/mv5n2_15. (22 April 2020).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.