Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Muatan Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas 3 SDN Banyuajuh 6 Kamal
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik muatan Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sampel penelitian ini ialah 28 siswa kelas III SDN Banyuajuh 6 Kamal yang terdiri atas 15 perempuan dan 11 laki – laki. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data motivasi siswa diperoleh menggunakan lembar angket dan dokumentasi siswa. Sedangkan untuk mendukung data penelitian dilakukan dengan wawancara guru dan observasi keadaan kelas. Analisis data dilakukan menggunakan kualitatif deskriptif. Angket yang digunakan adalah Angket tertutup ini responden hanya bisa menjawab dengan pilihan jawaban yang telah disediakan oleh peneliti. Responden tidak bisa memberikan jawaban atau respon lain kecuali yang telah tersedia sebagai alternatif jawaban.Hasil penelitian yang diperoleh Adapun hasil data yang diperoleh oleh peneliti mendapatkan total skor akhir dari 40 pertanyaan dan 28 responden ialah 2660 dan diperolah rata rata yaitu 59% yang tergolong dalam cukup baik. Adapun 2 siswa mendapatkan perolehan kriteria baik, 25 siswa memperoleh kriteria cukup baik dan 1 siswa memperoleh kriteria kurang baik. Kriteria motivasi belajar terbagi menjadi 4 kelompok yaitu terdapat : sangat baik, baik, cukup baik dan kurang baik.
Kata Kunci : Motivasi, Belajar, Bahasa Indonesia
ABSTRACT
This study aims to analyze and describe student learning motivation in Indonesian thematic learning content. This type of research is qualitative research. The sample of this research was 28 students of class III SDN Banyuajuh 6 Kamal consisting of 15 women and 11 men. Data collection methods used were questionnaire, observation, interview and documentation. Student motivation data obtained using questionnaire sheets and student documentation. Meanwhile, to support the research data, the teacher interviews and observes the classroom situation. Data analysis was performed using descriptive qualitative. Questionnaire used is a closed questionnaire respondents can only answer with the choice of answers that have been provided by researchers. Respondents cannot provide answers or other responses except those already available as alternative answers. The results of the research obtained The results of the data obtained by researchers get the final total score of 40 questions and 28 respondents are 2660 and obtained an average of 59% which is classified as sufficient good. As for 2 students getting good criteria, 25 students got good criteria and 1 student got poor criteria. Learning motivation criteria are divided into 4 groups: there are: very good, good, good enough and not good.
Keywords: Motivation, Learning, Indonesian
Full Text:
PDFReferences
Arista, Made. 2015. Analisis Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV PadaTiga SD di Gugus VI Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Emda, Amna. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2 (2017) 93-196
Lesi Ayu,Gita. Koryati,Dewi. Jaenudin, Riswan.2019. Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X Program Lintas Minat Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 16 Palembang. Jurnal Profit Volume 6, Nomor 1, Mei 2019
Mahmud. (2015). Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Stenografi di Program Studi Pendidikan Ekonomi Perkantoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Aksara Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol. 1 Nomor. 04, September 2015: 407-418
Ni Wayan Depian, dkk. 2016. Analisis Motivasi Siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Gugus VI Abang. E-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1
Syaifuddin, Mohammad. 2017. Implementasi Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah Volume 02 (2) (2017)139-144
Tambalo, Dorkas, dkk. Meningkatakan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Kasimbar Melalui Metode Tanya Jawab pada Mata Pelajaran PKn. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 2 No 4. ISSN 2354-614X
Trisnawati, dkk. 2019.Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sd Negeri Lamteubee Aceh Besar. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan. ISSN 2302-0156. Volume 7, No. 1, Februari 2019
Wahyu Nuning Budiarti , Haryanto . 2016. Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv. Jurnal Prima Edukasia Volume 4 – Nomor 2, Juli 2016, (233 - 242)
Refbacks
- There are currently no refbacks.