Peran Guru dalam Pembelajaran SD Pangpong

Agung Setyawan, Ayu Sholihah, Siska Mina Rita, Nurul Alfiya, Rizki Ayu Nurfajri

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui konsep dasar psikologi Pendidikan, peran guru dalam pembelajaran SD PANGPONG. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kulitatif dimana instrument yang digunakan berupa angket wawancara kepada guru di SD PANGPONG. Sampel dari penelitian ini adalah berjumlah 4 guru yang dipilih berdasarkan wali kelas setiap kelasnya. Pengumpulan data di gunakan dengan angket pertanyaan yang sebelum nya sudah di diskusikan. Pada dasarnya hakikat belajar adalah suatu kegiatan untuk memperoleh ilmu pengetahuan dimana guru harus berperan aktif dalam proses pembelajaran. Guru harus berperan aktif untuk mengetahui tingkat peserta didik dalam memperoleh pembelajaran dan kepribadian setiap peserta didik. Peran guru dalam pembelajaran adalah tugas guru tidak hanya sebagai pengajar tetapi juga sebagai informatory, fasilitator, dan motivator. Hasil dari penelitian ini adalah hasil angket dan wawancara menunjukkan bahwa di SD ini sarana dan prasarana masih belum lengkap, siswa masih kesulitan untuk mandapatkan buku yang lengkap karena kendala perekonomian keluarga yang tidak memungkina beda dengan SD yang terletak di kota. Simpulan dari penelitian adalah guru harus memberikan fasilitas yang lengkap agar SD yang berada di pedesaan memiliki hak yang sama dengan SD yang ada di kota.  

 

Kata kunci: Guru, peserta didik, pembelajaran.

 

 

ABSTRACT

The purpose of this study is to find out the basic concepts of Educational psychology, the role of teachers in learning at PANGPONG Elementary School. The method used in this study uses descriptive qualitative in which the instrument used in the form of an interview questionnaire to teachers at PANGPONG Elementary School. The sample of this study was 4 teachers selected based on the homeroom teacher for each class. Data collection is used by questionnaire questions that were previously discussed. Basically the nature of learning is an activity to acquire knowledge where the teacher must play an active role in the learning process. The teacher must play an active role in knowing the level of students in obtaining learning and the personality of each student. The role of the teacher in learning is the task of the teacher not only as a teacher but also as an informatory, facilitator, and motivator. The results of this study are the results of questionnaires and interviews showing that in this elementary school facilities and infrastructure are still incomplete, students still have difficulty obtaining a complete book because of the economic constraints of families that do not allow different from elementary schools located in cities. The conclusion from the research is that teachers must provide complete facilities so that elementary schools in rural areas have the same rights as primary schools in cities.

 

Keywords: Teachers, students, learning


Full Text:

PDF

References


Djamarah, S, B. 2011. Psikologi Belajar. Rineka Cipta:23.

Eliastuti, dkk. 2018. Keefektifan Membaca Menggunakan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Pada Siswa yang Kesulitan Membaca. Deiksis. 10(1):33-42.

Khofiatun, dkk. 2016. Peran Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. 1(5):984-988.

Kirom, A. 2017. Peran Guru dan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. 3(1): 69

Muhibbin, S. 2006. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Remaja Rosdakarya:172

Suwardi, dkk. 2018. Hubungan Peran Guru dalam Proses Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa. Gentara Pendidikan. 3(2):181

Wibowo, dkk. 2018. Hubungan Peran Guru dalam Proses Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. 3(2):181-202

Zein, M. Peran Guru dalam Pengembangan Pembelajaran.UIN Alauddin. 5(2):275


Refbacks

  • There are currently no refbacks.