Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Persamaan Kuadrat

Siti Fatimah, Puput Suriyah, Dwi Erna Novianti

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan persamaan kuadrat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa yang pernah mendapatkan materi persamaan kuadrat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis dan wawancara. Keabsahan data dicek menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan capaian tingkat kemampuan berpikir kreatif pada soal persamaan kuadrat. Tingkat kemampuan berpikir kreatif yang dicapai siswa yaitu tingkat berpikir kreatif 0 (TBK 0), tingkat berpikir kreatif 1 (TBK 1), tingkat berpikir kreatif 2 (TBK 2), dan tingkat berpikir kreatif 4 (TBK 4). Siswa mencapai tingkat kemampuan berpikir kreatif yang berbeda-beda dikarenakan kemampuan dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat yang dimiliki setiap siswa berbeda. Pengklarifikasian tingkat berpikir kreatif ini didasarkan pada capaian indikator kemampuan berpikir kreatif oleh siswa yang meliputi kefasihan, fleksibilitas, kebaruan yang digabungkan dengan elaborasi.

 

Kata Kunci: Analisis, Kemampuan berpikir kreatif, persamaan kuadrat

 

 

ABSTRACT

This research aims to analyze the ability of student’s creative thought in compliting quadratic equation. This kind of reaserch is qualitative description. The subject of this reaserch was the students who have ever got quadratic equation material. The collecting data methods were writing test and interview. The correctiveness data was checked by triangulation method. The data analysis techniques are data reduction, presenting data, and taking conclution. The analysis test it show that students are able to reach the creative thought ability’s state in compliting quadratic equation. The levels which are reached by the students are the creative thought ability 0 level (TBK 0), the creative thought ability 1st level (TBK 1), the creative thought ability 2nd level (TBK 2), and the creative thought ability 4nd level (TBK 4). The students reach different ability because the ability of compliting quadratic equation’s question were different. Clarifying student’s creative thought is based on some its indicators such as fluency, flexibility, novelty, and elaboration.

 

Keywords: Analysis, Creative Thinking Ability, Quadratic Equation

 


Full Text:

PDF

References


Anwar, d. (2012). Relationship of Creative Thinking with Academc Achievements of Secondary School Students. International Interdiciplianary Journal of Education, 1(3).

Faridah, d. (2016). Pendekatan open-ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri siswa. Pena Ilmiah, 1061-1070.

Fikri, S. A. (2019). Flipped Classroom terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. (pp. 325-330). Prosiding Sendika.

IEA. (2015). TIMMS 2015 International Result in Mathematics. Retrieved Februari 1, 2020, from http://timss2015.org/download-center

Kurniawidi, M. P. (2018). Pengembangan Pembelajaran Flipped Classroom dengan Memanfaatkan LSM Kelase Topik Menggambar Grafik Fungsi SMP Kelas VIII. (pp. 554-561). Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia.

Mersina, E. M. (2014). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika. Jurnal LPPM.

Nurjana, F. (2016). Penerapan Pendekatan Open Ended terhadap Peningkatan Komunikasi Matematik Siswa SMP melalui Lesson Study Berbasis MGMP Jalancagak. Jurnal Pengejaran MIPA, 9-15.

Suriyah, Puput dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif House of Multiplication Bagi Siswa SDN Sidorejo Sebagai Upaya Hitung Cepat Perkalian. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 50-56.

Seifert, K. (2009). Manajemen Pembelajaran dan Instruksi Pendidikan: Manajemen Mutu Psikologi pendidikan Para Pendidik. Yogyakarta: IRCiSoD.

Siswono, T. Y. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dari Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif . Unesa University Press.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suyitno, A. d. (2018). Use Of Open-Ended Problems As The Basis For The Mathematical Creativity Growth Disclosure Of Student. Journal of Physics: Conf. Ser. 983012110.

Zuroidah, E. (2015). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X di MA Aswaja Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015. IAIN Tulungagung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.