Identifikasi Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas dan Keliling Bangun Datar Kelas IV SD

Yunita Wuri Puspitasari

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi menghitung luas dan keliling bangun datar kelas IV di SDN Kamal 1.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dimana teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, serta tes.Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Kamal 1 yang berjumlah 27 siswa. Teknik analisis data berupa hasil belajar yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan rumus penilaian dengan persen.Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 78% dari jumlah seluruh siswa, mengacu pada nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 78.00.Berdasarkan hasil study pendahuluan ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi luar dan keliling bangun datar di kelas IV SDN Kamal 1 masih sangat rendah, yaitu 11 dari 27 siswa yang berhasil mencapai nilai KKM.Jika dipresentasekan 40% siswa yang berhasil mencapai nilai KKM sedangkan 60% siswa mencapatkan nilai dibawah KKM.hasil tersebut membuktikan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam materi luas dan keliling bangun datar kelas IV SD.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Matematika, Bangun Datar

 

 

ABSTRACT

The purpose of this study is to determine the students’ learning outcomes in the material to calculate the area and circumference of flat buildings of class IV in SDN Kamal 1. This study uses quantitative descriptive methods where the data collection techniques used are observation sheets, interviews, and tests. The subjects in this study were all fourth grade students of SD Negeri Kamal 1 with a total of 27 students. Data analysis techniques in the form of learning outcomes obtained were further analyzed using the percentage grading formula. The success criteria if student learning outcomes are 78% of the total number of students, referring to the minimum completeness criteria (KKM) value of 78.00. Based on the results of this preliminary study shows that student learning outcomes on the material outside and around the flat shape in class IV SDN Kamal 1 is still very low, namely 11 of 27 students who successfully achieved the KKM value. If it is represented by 40% of students who have achieved the KKM score, while 60% of students have scored below the KKM. These results prove that there is an influence of the learning model used by the teacher in the broad and round shape material of grade IV elementary school.

 

Keywords: Learning Outcome, Mathematics, Flat Build

 


Full Text:

PDF

References


Aisyah Nyima, dkk. (2007). Perkembangan Pembelajaran Matematika SD, Jakarta: Direklorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

James M. Cooper. (1990). Metode penelitian.Jakarta: Erlangga.

Muhsetyo, Gatot. (2002) Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Prihandoko, Antonius Cahya. (2006). Memahami Konsep Matematika Secara Benar dan Menyajikannya Dengan Menarik. Jakarta: Depdiknas.

Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Zainul, Asmawi dan Noehi Nasution.(2001). Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: PAUPPAI Universitas Terbuka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.