Identifikasi Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V SDN Socah 4

Wiji Sulikah, Agung Setyawan, Tyasmiarni Citrawati

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam muatan IPA materi perubahan wujud benda kelas V di SDN Socah 4. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana instrumen yang digunakan adalah wawancara, lembar pengamatan dan tes hasil belajar. Wawancara dilakukan untuk mendapatkan informasi terkait hasil belajar siswa, lembar pengamatan untuk mengamati proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru serta tes hasil belajar diberikan setelah pembelajaran sebagai tolak ukur nilai hasil belajar IPA dengan KKM 75. Sampel dari penelitian ini adalah 27 siswa kelas V SDN Socah 4. Hasil dari penelitian ini adalah hasil wawancara dan lembar pengamatan menunjukkan bahwasanya pembelajaran masih bersifat teacher center dan guru masih menggunakan metode dan model lama yang kurang mendukung pembelajaran IPA sehingga membuat siswa kurang memahami materi dan kurang semangat dalam belajar. Hasil dari tes hasil belajar menunjukkan bahwasanya dari 27 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM hanya 10 siswa. Hasil belajar siswa pada muatan IPA materi perubahan wujud benda dapat dikatakan masih kurang karena sebagian besar siswa belum mencapai nilai KKM dengan nilai KKM 75. Simpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada muatan IPA materi perubahan wujud benda di SDN Socah 4 masih tergolong kurang dari target pencapaian hasil belajar. 

 

Kata Kunci: hasil belajar, muatan IPA, perubahan wujud benda

 

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine student learning outcomes in the science content of material changes in the form of class V objects at SDN Socah 4. This study used a qualitative descriptive method where the instruments used were interviews, observation sheets and test results. Interviews were conducted to obtain information related to student learning outcomes, observation sheets to observe the learning process carried out by the teacher as well as test results given after learning as a benchmark for the value of science learning outcomes with KKM 75. The sample of this study was fifth grade students of SDN Socah 4 that consists of 27 students. The results of this study are the results of interviews and observation sheets showing that learning is still a teacher center and teachers still use old methods and models that do not support science learning so that students do not understand the material and lack enthusiasm in learning. The results of the learning outcomes test show that of the 27 students who scored above the KKM only 10 students. Student learning outcomes on the material load of material change in material form can be said to be still lacking because most students have not yet achieved the KKM value with a KKM value of 75. The conclusion of this study is the student learning outcomes in the material load of material change in material form change at SDN Socah 4 is still less than target achievement of learning outcomes.

 

Keywords: learning outcomes, science content, changes in the form of objects.

 


Full Text:

PDF

References


Astiti, Desak Kadek Sri&I Wayan Widiana. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw Sebagai Upaya Meningkatan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1, 30-41.

Bahari, Ni Ketut Intan, I wayan Darsana, DB. Kt. Ngr. Semara Putra. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2, 103-112.

Ma’ruf, Muhammad Iqbal, Firosalia Kristin, Indri Anugraheni. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4. Jurnal Basicedu, 3, 306-312.

Rukiah. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Belajar Penguasaan Daur Hidup Hewan Kelas IV-B SD Negeri 13 Blang Mangat Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Mitra Pendidikan, 3, 1-15.

Sumarni. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri Buluh Rampai Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Mitra Pendidikan, 3, 184-194.

Slamet Riyanto & Aglis Andhita Hatmawan. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yogyakarta: DEEPUBLISH.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.