Formulasi Pengembangan Model Pembelajaran Daring sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan

Guruh Wahyu Pamungkas, Abdun Nasir, Lailiyatur Romadhoni, Nikmatul Lailina

Abstract


ABSTRAK

Keterbatasan tidak menjadi penghalang dengan selangkah lebih maju menggunakan teknologi jaringan dan teknologi informasi untuk mengembangkan model pembelajaran yang dapat di akses dimana dan kapan saja.Pelajar yang tinggal di daerah terpencil berhak menerima materi dan pendidik yang berkualitas, serta setiap anak yang memiliki kemampuan berbeda dalam memahami materi pelajaran.Keterbatasan fasilitas unuk pendidikan yang berkualitas dapat diatsai dengan trobosan terbaru.Pemanfaataan teknologi yang belum maksimal dalam pembelajaran formalmaupun informal.Oleh karena itu hasil pembelajaran yang kurang maksimal didaerah terpencil.Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif secara studi pustaka dengan analisa data menggunakan berbagai refrensi seperti buku, jurnal, maupun internet. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengembangkan model pembelajranyang tepat untuk menigkatkan kualitas pendidikan di Indonesia salah satunya  dengan model pembelajaran daring. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajran daring  memiliki kontribusi positif untuk mendorong menigkatkan kualitas pendidikan yang ada di indonesia. Dengan keberhasilanyaitu  penikatan penggunaan teknologi sebagai betuk  pemanfaatan dalam proses pembelajaran. Berkurangnya jumlah buta huruf setiap tahunnya.Memberikan sumber informasi untuk di kaji dan dipahami dengan menggunakan beberapa aplikasi yang sudah tersedia.Dengan pengembangan model pembelajaran daring diharapkan mampu mendorong kualitas pendidikan di Indonesia.

 

Kata kunci:Pembelajaran, Daring, Pendidikan

 

 

ABSTRACT

Limitations not be a barrier with a step more advanced use of the technology network and technology information to develop models of learning which can be in access where and when course. Students who live in areas remote reserves the right to accept material and educators that quality, as well as every child who has the ability of different in understanding the theory a lesson. The limitations of the facilities for educational quality can with breakthroughs the latest. The benefits technology that is not yet the maximum in learning formal or informal.By because it is the result of learning which is less maximum area remote.Methods many years of research is using the methods descriptive in the study of literature with analysis of data using various references such as books, journals, and the internet.  That done research on this for the map learning model has appropriate for improving the quality of education in Indonesia, one of them with a model of learning online.  The results of the study it that show that the learning model online has contribution positive to encourage improving the quality of education are there in indonesian. With the success that enhancement users of technology as a form of utilization of technology as a learning.Reduced the number of blind letters every year. Provide source information for at study and understood by using some application that are already available. With the development of a model of learning online is expected able to encourage the quality of education in Indonesia.

 

Keywords: Online, Learning, Education

 


Full Text:

PDF

References


Ahmad Fedyani Saifuddin, Catatan Reflektif Antropologi Sosial Budaya, (Jakarta: All Rihgts Reserved, 2011), h. 40.

Asosiasi Pengusaha Jasa Internet Indonesia, Survey Pengguna Internet Indonesia. (2016) Diunduh dari https://apjii.or.id/survei2016.

Bambang Triatmodjo, Menuju Kejayaan Indonesia, (Yokyakarta: Beta Offset, 2013), h. 141

BPS Kab Jember. 2014. Jember dalam Angka

BPS RI, 2017. Jakarta dalam Angka.

Darmansyah, (2010).Pembelajaran Berbasis Web Teori Konsep dan Aplikasi. Padang: UNP Press Padang.

Djaja, Sutrisno.(2017) Harapan Dan Tantangan Guru Pembelajar Moda Daring : FKIP UNEJ

Efrizal Nasution. (2013) Problematika Pendidikan di Indonesia. Jurnal Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah IAIN Ambon 273-863-2-PB

Gheytasi, M., Azizifar, A., & Gowhary, H. (2015).The Effect of Smartphone on the Reading Comprehension Proficiency of Iranian EFL Learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 199, 225–230. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2015.07.510.

Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 1999), h. 3

Iklil Mokhamad, M. (2019).Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi.Walisongo Journal of Information Technology, Vol. 1 No. 2 (2019): 151-160

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003 (UU RI Nomor 20 Tahun 2003), Jakarta: Sinar Grafika, 2003), h.2

Rahayu Yusi. (2019) Optimalisasi Pembelajaran Sosiodrama Sebagai Upaya Internalisasi Karakter Anak Usia Sekolah Dasar.

Ramadhan, Riski, dkk. (2018). Pengembangan Pembelajaran Bauran (Blended Learning)di Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNJ 1 (1) :37 - 48


Refbacks

  • There are currently no refbacks.