Analisis Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SDN Demangan 2 Bangkalan

Prastika Wahyuni Nurintiyas

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini adalah studi awal dalam analisis permasalahan yang dihadapi pada mata pelajaran Matematika siswa Kelas IV di SDN Demangan 2 Bangkalan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV SDN Demangan 2 Bangkalan dan upaya untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh siswa dan guru. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Demangan 2 Bangkalan yang terdiri dari 38 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh yang merupakan semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, pedoman observasi dan lembar tes. Berdasarkan hasil observasi di kelas IV menunjukkan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional. Sedangkan hasil tes menunjukkan perolehan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika belum semuanya tuntas dengan presentase ketuntasannya 37% dimana hanya 14 siswa yang tuntas dan 63% dimana 24 siswa yang tidak tuntas dari 38 siswa. Hal itu menunjukkan hasil belajar matematika yang masih rendah.

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Matematika, Siswa Kelas IV.

 

 

ABSTRACT

This research is a preliminary research in the analysis of problems faced by fourth grade students in Mathematics subject at SDN Demangan 2 Bangkalan. The purpose of this research is to analyze the students result in Mathematic and efforts to overcome the problems faced by students and teachers. This type of research used descriptive quantitative research. The population were all students of class IV at SDN Demangan 2 Bangkalan consisting of 38 students. The sample in this study uses saturated sampling which is all members of the population used as samples. Data collection techniques used in this study were interviews, observation and tests. The instruments used were interview guidelines, observation guidelines and test sheets. Based on the results of observations in class IV shows the learning process using conventional learning models. While the test results show the acquisition of student learning outcomes in mathematics subjects are not all complete with a percentage of completeness 37% where only 14 students complete and 63% where 24 students are incomplete out of 38 students. This shows that mathematics learning outcomes are still low.

 

Keywords: Learning Outcome, Mathematics, Fourth Grade Students.

 


Full Text:

PDF

References


Dadri, P. C. W., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III Mengwi. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3 (2), 84-93.

Duli, Nikolaus. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Sleman: CV Budi Utama.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Mujtahidin. 2014. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Surabaya: Pena Salsabila.

Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Rahayuningsih, Sri. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Faktor Prima Pada Siswa Kelas V Semester 1 SD 3 Wates Undaan Kudus. Malih Peddas Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol. 7 No. 2.

Susanti. 2019. Penerapan Model Student Teams Achiement Divisions Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD 8 Kandangmas. Jurnal Elementary. Vol. 7 No. 2.

Syafaruddin., Supiono., & Burhanuddin. (2019). Guru, Mari Kita Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: CV Budi Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.