Analisis Muatan IPA Kelas 5 berdasarkan Aspek Literasi Sains dan Integrasi terhadap Potensi Madura

Isna Ida Mardiyana, Ade Cyntia Pritasari, Moh Luqman Hakim

Abstract


ABSTRAK

Pembelajaran sains memiliki peran penting untuk siswa agar memiliki kemampuan dalam memahami fenomena alam dengan menggunakan metode ilmiah. Kemampuan ini dinamakan literasi sains yang merupakan kemampuan dalam memahami maupun terlibat dengan permasalahan-permasalahan dan ide-ide sains di lingkungan sekitar. Literasi sains terdiri dari tiga aspek meliputi 1) konteks sains, 2) proses sains, dan 3) konten sains. Muatan sains erat kaitannya dengan potensi lokal suatu daerah, salah satunya potensi lokal Madura. Pengintegrasian potensi lokal sesuai dengan hakikat IPA dapat mengantarkan siswa menjadi individu yang memiliki literasi sains. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk memeroleh informasi mengenai ruang lingkup literasi sains dan pengintegrasian potensi lokal Madura dalam muatan IPA kelas 5 sekolah dasar. Pengumpulan data diperoleh dengan menelaah buku ajar kelas 5 SD dengan meninjau aspek-aspek literasi sains serta integrasi dengan potensi lokal Madura. Keseluruhan tema dalam kelas 5 SD yang berjumlah 9 tema dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aspek literasi sains yang termuat dalam buku siswa memiliki kategori cukup baik dan muatan IPA kelas 5 SD dapat diintegrasikan dengan potensi lokal Madura, baik potensi alam maupun budaya.

Kata Kunci: Literasi Sains, Muatan IPA, Potensi Lokal

 

 

ABSTRACT

Science learning has an important role for students to have the ability to understand natural phenomena using scientific methods. This ability is called scientific literacy which is the ability to understand and engage with scientific problems and ideas in the surrounding environment. Science literacy consists of three aspects including 1) the context of science, 2) the process of science, and 3) the content of science. The content of science is closely related to the local potential of an area, one of them is Madura's local potential. Integrating local potential following the nature of science can lead students to become individuals who have scientific literacy. This research is a descriptive study that aims to obtain information about the scope of science literacy and the integration of Madura's local potential in the science content of grade 5 elementary schools. Data collection was obtained by examining grade 5 elementary school textbooks by reviewing aspects of scientific literacy and integration with local potential in Madura. All 9 themes in grade 5 elementary school were analyzed. The results showed that the average aspect of scientific literacy contained in student books had a fairly good category and the content of the 5th grade elementary school science could be integrated with Madura's local potential, both natural and cultural potentials.

Keywords: Content of science, Local Potential, Scientific Literacy

 


Full Text:

PDF

References


Azhar, I. N. (2018). Mozaik Careta Dari Madhura: Antologi Cerita Rakyat Para Penghuni Pulau Madura. Malang: Inteligensia Media.

Basuki, F. R., Kurniawan, W., Jufrida, & Kurniawan, A. (2019). Pemetaan Kompetensi Dasar dan Integrasi Kearifan Lokal dalam Pembelajaran IPA SMP di Kabupaten Muaro Jambi. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 1, No. 2.

Bawono, Y. (2019). Madura 2040: Masalah dan Strategi Pengembangan Pariwisata Madura. Malang: Inteligensia Media.

Diana, & Setiadi, A.E. (2018). Bahan Ajar Sains Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal dan Nilai Keislaman. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol. 12 Edisi 2.

Fakhriyah, F., Masfuah, S., & Mardapi, D. (2019). Developing Scientific Literacy Based Teaching Materials to Improve Students’ Computational Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol. 8, No. 4.

Innaterasari, D. K., Setiawan, B., & Sudibyo, E. (2015). Integrasi Kearifan Lokal pada Tema Gunung Kelud terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pembelajarannya.

Jarman, R., & McClune, B. (2007). Developing Scientific Literacy: Using News Media in the Classroom. New York: McGraw-Hill Open University Press.

Kamala, I. (2017). Literacy Science Learning for Students of MI/SD in the Digital Age. Proceeding: The 4th Summit Meeting International Conference on Education.

Lasminawati, E., Lestari, N., Setiadi, D., & Jufri, A.W. (2019). Analisis Cakupan Literasi Sains dalam Buku Pelajaran Biologi Pegangan Siswa Kelas XI Kurikulum 2013. J. Pijar MIPA, Vol. 20, No. 10.

Loughran, J., Smith, K., & Berry, A. (2011). Scientific Literacy Under the Microscope: A Whole School Approach to Science Teaching and Learning. Rotterdam: Sense Publishers.

Nurfaidah, S. S. (2017). Analisis Aspek Literasi Sains pada Buku Teks Pelajaran IPA Kelas V SD. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 56–66.

OECD. (2006). OECD Program for International Student Assessment (PISA). Paris: PISA OECD Publishing.

Pradietha, E.T., Meilinda, & Nazip, K. (2014). Identifikasi Materi Lokal sebagai Sumber Belajar Sains Biologi SMP di Kabupaten Muara Enim. Jurnal Pendidikan Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya, Vol. 1, No. 2.

Putra. (2017). Analisis Kesesuaian Ekowisata Bahari Kategori Snorkeling di Pulau Gili Genting Kabupaten Sumenep. Prosiding Seminar Nasional Kelautan dan Perikanan III, Universitas Trunojoyo Madura.

Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Risma, M., Rahmayani, & Handayani, F. (2019). Analisis Konten Buku Teks IPA Terpadu Kelas VIII Semester 1 Ditinjau dari Aspek Literasi Saintifik. Jurnal Eksakta Pendidikan, Vol 3, No. 2.

Setyowati, D. (2018). Implementasi LKS Berkonten Literasi Sains Kearifan Lokal untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Sains, Vol. 2, No. 2.

Situmorang, R.P. (2016). Analisis Potensi Lokal untuk Mengembangkan Bahan Ajar Biologi di SMA Negeri 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Sains, Vol.04 No. 01.

Sumaryanti. 2015. Kajian Potensi Wisata kesehatan Oksigen Di Gili Iyang. Berita Dirgantara, Vol. 16 No. 2, 83-90.

Utami, B., Saputro, S., Ashadi, & Masykuri, M. (2016). Scientific Literacy in Science Lesson. Prosiding ICCTE FKIP UNS 2015, Vol. 1, No. 1.

Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2019) Urgensi Pendidikan STEM terhadap Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Proceeding of ICECRS. 2(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.