Upaya Penerapan Media Batang Napier dalam Pembelajaran Perkalian Bilangan Cacah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Allen Marga Retta, Reni Nur Indriyani, Dyiah Puspita Sari

Abstract


ABSTRAK

Matematika merupakan salah satu pendukung perkembangan ilmu pengetahuandan teknologi. Rendahnya pestasi belajar matematika salah satu penyebab daya tarik siswa terhadap mata pelajaran matematika kurang. Anggapan bagi sebagian besar siswa matematika merupakan mata pelajaran yang amat sulit, terutama dalam menyelesaikan soal-soal perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar perkalian bilangan cacah melalui penerapan batang napier di MI Busthanut Tholibin. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen ( eksperimen semu ). Subjek penelitian ini seluruh siswa kelas VI. Pengambilan data dilakukan dengan observasi aktivitas siswa dan tes.

 

Kata kunci: perkalian bilangan cacah, batang napier, dan hasil belajar matematika

 

 

ABSTRACT

Mathematics is one of the supporters of the development of science and technology. The low pest learning mathematics is one of the causes of students' attractiveness towards mathematics subjects. Assumption for most mathematics students is a very difficult subject, especially in solving multiplication problems. This study aims to improve the activity and learning outcomes of the number multiplication by counting the napier stem in MI Busthanut Tholibin. This research is a quasi experimental research ( quasi experiment). The subject of this study was grade VI students. Data is collected by observing student activities and tests.

 

Keywords: Number Multiplication, Napier Bones Media, And Mathematic Learning Achievement.


Full Text:

PDF

References


Bimas, Ashari dan dkk.(2010).Proposal Pembuatan dan Penggunaan Batang Napier Elektrik. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Estiningsih, E.1994. Landasan Teknik Pngajaran Hitung SD. Yogyakarta: PPPG Matematika.

Haryanto, dkk. 2003. Srategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: FIP Universitas Negeri Yogyakarta.

Raharjo, M, dkk. 2009. Modul Matematika SD Program Bermutu Pembelajaran Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Bilangan Cacah di SD. Yogyakarta: Pusat Pengambangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Sukayati dan Agus, S.(2009). Pemanfaatan Alat Peraga Matematika dalam Pembelajaran di SD. Yogyakarta: Pusat Pengambangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.