Persepsi Mahasiswa terhadap Perkuliahan Daring

Neneng Rika Jazilatul Kholidah

Abstract


ABSTRAK

Meluasnya wabah covid-19 mengharuskan seluruh perguruan tinggi menggunakan  sistem perkuliahan jarak jauh, karena ini merupakan  bagian penting dalam pembelajaraan  agar pembelajaran tetap berjalan dengan lancar. Analisis deskriptif pada penelitian ini mengkaji persepsi mahasiswa Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial yakni pada Program Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan Program Pendidikan Ekonomi KIP PGRI BOJONEGORO. metode penelitian diperoleh dari angket yang dibagikan kepada para mahasiswa selama proses belajar mengajar dengan metode daring. Penelitian ini menggunakan populasi mahasiswa.Pengumpulan sample dilakukan dengan metode non probabilitas sampling dengan pendekatan convenience sampling. Jumlah anggota populasi yang bersedia menjadi responden dalam penelitian ini adalah 185 mahasiswa mengenai model pembelajaran daring terkait pemanfaatan jenis alat elektronik, media, dan jenis komunikasi untuk membantu mereka menghasilkan output yang lebih baik dari kegiatan belajar mengajar secara daring. Hasilnya didapatkan dari jenis alat elektronik yang dipakai saat pembelajaran daring adalah laptop,media pembelajaran daring yang paling digemari ialah whatsapp dan Google Classroom. Sebesar 72% mahasiswa sudah mengenal berbagai media pembelajaran daring . pada pola komunikasi yang paling diminati oleh mahasiswa ialah pola semi dua arah

 

Kata Kunci: Persepsi, Perkuliahan Daring, Covid-19

 

 

ABSTRACT

The spread of the covid-19 outbreak requires all tertiary institutions to use the distance learning system, because this is an important part of learning so that learning continues to run smoothly. The descriptive analysis in this study examines the perceptions of students of Social Sciences Education namely the civics Education Program and IKIP PGRI BOJONEGORO Economic Education Program. The research method was obtained from a questionnaire that was distributed to students during the teaching and learning process by the online method. This study uses a student population. The Sample is done by the nonprobabilitysampling method with a convenience sampling approach. The number of the population who are willing to be respondents in this study were 185 students regarding online learning models related to the use of electronic devices, media and types of communication to help them produce better outputs from online teaching and learning activities. The results are obtained from the types of electronic devices used when learning online are laptops, the most popular online learning media are WhatsApp and Google Classroom. 72% of students are already familiar with various online learning media. The communication pattern that is most popular by students is the semi-two-way pattern.

 

Keywords: Perception, Online Lecturing, Covid-19

 


Full Text:

PDF

References


Afif Rahman A, dkk. ( 2020). EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN DARING FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG. Jurnal IKRA-ITH Humaniora,4 (1), 66-71.

Fajrian,H. (2020, maret 15). https://katadata.co.id/. Retrieved April 8, 2020, from https://katadata.co.id/berita/2020/03/15/antisipasi-corona-nadiem-makarim-dukung-kebijakan- meliburkan-sekolah.

Firman, Sari Rahman R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science, 2 (2), 81-89.

Lashley, Y. G. (2014). Integrating computer technology in the teaching of Biology. International Journal Of Biology Education , 3(2).

La Ode Anhusadar. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19. Journal of Islamic Early Childhood Education., 3 (1), 44-58.

Prajana. A. (2017). PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP DALAM MEDIA PEMBELAJARAN DI UIN AR-RANIRY BANDA ACEH. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2),122-133.

Hermansyah, F. I. (2020). Pengambilan Kebijakan oleh Swedia dan Indonesia terhadap Pandemi Covid-19. Journal of Virology, 1–14.

Nailul Mona. (2020). KONSEP ISOLASI DALAM JARINGAN SOSIAL UNTUK MEMINIMALISASI EFEK CONTAGIOUS ( KASUS PENYEBARAN VIRUS CORONA DI INDONESIA ) Jurnal Sosial Humaniora Terapan., 2(2), 117–125.

Tesniyadi, Dema. (2018). Penggelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Samudera Biru.

Zainal Arifin dan Adhi Setiyawan. (2012). Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ICT . Yogyakarta : T. Skripta Media Creative.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.