Perkembangan Kepribadian Anak Usia Sekolah Dasar di SDN Socah 2

Fernando Sitorus, Fransiska Rahmawati, Sulfa Niawati, Putri Atika, Sukma Pandia

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perkembangan kepribadian pada anak usia Sekolah Dasar yang terjadi di SDN Socah 2, Bangkalan. Metode yang dilakukan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dan metode kuantitatif menggunakan instrumen berupa angket dan wawancara, serta observasi partisipasi berupa lembar pengamatan yang berpedoman pada indikator kepribadian anak dengan sampel siswa kelas 3 hingga kelas 6 yang berjumlah 30 siswa dari populasi sebanyak 95 siswa. Hasil dari penelitian menggunakan angket dan wawancara ini menunjukkan bahwa rata-rata kepribadian anak setiap tingkatan kelasnya itu berbeda. Untuk siswa kelas 3 rata-rata memiliki kepribadian influence dan steadiness, kemudian untuk siswa kelas 4 rata-rata memiliki kepribadian influence dan compliance, sedangkan untuk siswa kelas 5 rata-rata memiliki kepribadian dominant, dan untuk siswa kelas 6 rata-rata memiliki kepribadian dominant. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa untuk siswa kelas tinggi rata-rata memiliki kepribadian yang dominant dengan salah satu indikatornya yaitu mampu menguasai dengan baik dalam hal tugas, percakapan, pengambilan keputusan, dan lain sebagainya. Kemudian untuk siswa kelas rendah rata-rata memiliki kepribadian yang influence dengan salah satu indikatornya yaitu ceria, antusias, dan senang bermain-main, serta mudah mengekspresikan perasaannya.

 

Kata Kunci: Kepribadian, Siswa SD

 

 

ABSTRACT

This research was conducted with the aim to find out personality development in elementary school age children that occurred at SDN Socah 2, Bangkalan. The method used in this research is qualitative and quantitative methods using instruments in the form of questionnaires and interviews, as well as participant observation in the form of observation sheets which are guided by the indicators of the personality of children with a sample of grade 3 to grade 6 students totaling 30 students from a population of 95 students. The result of the study using questionnaires and interviews showed that the average personality of children at each grade level was different. For grade 3 students on average have influence and steadiness personality, then for grade 4 students on average  have influence and compliance personality, while for grade 5 students on average have dominant personality, and for grade 6 on average have dominant personality so. The conclusion from this study shows that for high class students on average have a dominant personality with one of the indicators that is able to master well in terms of assignment, conversations, decision making, and so forth. Then for the low grade students on average they have influential personalities with one of the indicators such as cheerful, enthusiastic, playful, and easy to express their feelings.

 

Keywords: Personality, Elementary Students

 


Full Text:

PDF

References


Albi, Anggito. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Burhaein, Erick.2017. Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD. Jurnal pendidikan. Vol.1. no. 51-28.

Djiwandono, Sri Esti W. (2006). Psikologi Pendidikan (Rev-2). Grasindo: Jakarta.

Faizah, Ulifa Rahma & Yuelizar Perwira Dara. 2017. Psikologi Pendidikan (Aplikasi Teori di Indonesia). Malang: UB Press.

Kau, Murhima A. 2017. Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Sekolah Dasar. Jurnal ilmiah. Malang.

Kristiawan, Muhammad. 2017. Strategi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua. Vol.2.No.2.

Latifa, Umi. 2017. Aspek Perkembangan Pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya. Journal of Multidisciplinary Studies. Vol.1 No.22.

Mujahidin, Endin. 2018. Pengaruh Materi Cerita Terhadap Perkembangan Kepribadaian Anak. Jurnal Pendidikan Islam.Vol.7. No.2.

Murni, Irda. 2020. Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar.Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol.7. No.1

Purwanto, Ngalim. 2017. Psikologi Pendidikan.PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Sada, Heru Juabdin. 2015. Konsep Pembentukan Kepribadian Anak dalam Perspektif Al-Quran. Jurnal Pendidikan Islam. Vol.6.

Subqi, Imam. 2016. Pola Komunikasi Keagamaan dalam Membentuk Kepribadian Anak.

Surya, Hendra. (2010). Rahasia Membuat Anak Cerdas dan Manusia Unggul. PT. Gramedia: Jakarta.

Talan, Yufentri Otnial. 2017. Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Psikososial Pada Anak Prasekolah. Vol.1.No.1.

Trianingsih, Rima. 2016. Pengantar Praktik Pendidik Anak Usia Sekolah Dasar. IAIN Syekh Nurjati Cirebon Journals.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.