Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Model Course Review Horay (CRH) pada Materi Pecahan Kelas V

Devi Purwanti, Muntiah Muntiah

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan melalui penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay(CRH) pada siswa kelas V MIM  15 Penganten Balen, Bojonegoro. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pola kolaboratif menggunakan model siklus Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MIM 15 Penganten Balen, Bojonegoro. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada saat pengumpulan data, teknik yang digunakan  metode tes dan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian tindakan ini adalah persentase rata-rata hasil belajar siswa mencapai ≥ 75% dan persentase aktivitas belajar siswa mencapai ≥ 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran CRH dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan siswa kelas V MIM 15 Penganten Balen, Bojonegoro. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I, persentasenya mencapai 66.38% kemudian pada siklus II persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 88.05%. Persentase hasil belajar siswa pada waktu pretest yaitu 5.56%, pada siklus I meningkat menjadi 50%, dan pada siklus II meningkat menjadi 88.89%.

 

Kata Kunci: hasil belajar matematika, model Course Review Horay (CRH)

 

 

ABSTRACT

This study aims to identify poetry reading comprehension of Grade IV students of SDN Junganyar 02. This reserch method usesdescriptive qualitative, where the instruments used are interview instruments and conservation instruments which were carried out on February 25, 2020. Researchers ure qualitative analysis, where data that have been obtained such as interview instrments will be analyzed qualititively. Observation and interview instruments are used in the initial study of reseacrh to find out information about students’ understanding of poerty reading. The sampling technique uses Saturated Samples which are all members of the population used as samples. The population in this study were all grade IV students of SDN Junganyar 02 consiting of 14 students ranging in age from 10 years. The observation showed that the level of comprehension of reading poetry of students in grade IV SDN Junganyar 02 was still very lacking or low so that students got grades that were not in accordance with KKM.

 

Keywords: Mathematics Learning Achievement,Course Review Horay Learning Model (CRH)

 


Full Text:

PDF

References


Dwi Siswoyo. (2008). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka

Sugiyanto. (2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka

Wina Sanjaya. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.