Perkembangan Kognitif, Bahasa, Sosial Emosional, Peserta Didik Kelas 5 dan 6 SD Negeri Banyuajuh 7 Kamal

Nur Dian Kharisma, Nurul Isti Komalia, Nur Alfi Laili, Shela Asisca Murni, Jaka Tri Laksana

Abstract


ABSTRAK

Perkembangan peserta didik ini meliputi perkembangan kognitif peseta didik dimana terdiri atas proses belajar dan hasil belajar anak, perkembangan bahasa, dan  sosial emosional anak. Agar mengetahui bagaimana perkembangan peserta diidk di SDN Banyuajuh 7. Dengan metode pengamatan pada peserta didik mulai dengan bertanya dengan peserta didik dan juga melihat perkembangan peserta didik saat belajar dikelas maupun kegiatan di luar kelas serta bertanya kepada guru selaku pengajar dan juga orang yang mengenal dengan baik sifat dari peserta didik. Dengan memberikan angket sebagai data penguat dari hasil pengamatan kami. Hasil dari pengamatan kami pada satu kelas baik di kelas 6 dan 5 di SDN Banyuajuh 7 hanya beberapa anak yang aktif di kelas dengan  banyak masalah/hambatan yang terjadi pada saat proses belajar di kelas. Dari proses pengamatan perkembangan peserta didik, kami menyerap banyak informasi mengenai perkembangan peserta didik dan juga kami dapat melihat kekurangan dan kelebihan metode belajar. Dan juga menambah informasi bagaimana baiknya memilih metode mengajar agar dalam proses belajar dapat mencapai tujuan belajar.

 

Kata kunci: kognitif anak, perkembangan bahasa anak, sosial emosional anak, metode pembelajaran.

 

 

ABSTRACT

The development of these students includes the cognitive development of students which consists of the learning process and children's learning outcomes, language development, and social emotional of the child. In order to know how the development of the students at SDN Banyuajuh 7. With the method of observation of students begin by asking questions with students and also see the development of students when studying in class or activities outside the classroom and asking the teacher as a teacher and also people who know well the nature of students. By giving a questionnaire as data reinforcement from our observations. The results of our observations in one class both in grades 6 and 5 in SDN Banyuajuh 7 are only a few children who are active in class with many problems / obstacles that occur during the learning process in class. From the process of observing the development of students, we absorb a lot of information about the development of students and also we can see the advantages and disadvantages of learning methods. And also add information about how to choose the best teaching method so that in the learning process can achieve learning goals.

 

Keywords: children's cognitive, children's language development, children's emotional social, learning method

 


Full Text:

PDF

References


Anitah, Sri, dkk. (2014). Strategi Pembelajaran di SD. Banten: Universitas Terbuka.

Nurbiana, Lara, dkk. (2007). Metode pengembangan bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sit, Masganti. (2012). Perkembangan Peserta Didik. Medan: Perdana Publishing.

Susiani, K., Dantes, N., & Tika, N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Terhadap Kecerdasan Sosio-Emosional Dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Banyuning. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1).

Yusi, Nununng, dkk. (2014). Bahasa dan sastra Indonesia di SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.