Pengaruh Motivasi Belajar dan Interaksi Guru dengan Siswa dalam Proses Pembelajaran

Agung Setyawan, Siska Aldiyanti Putri, Indri Ardi Ayu Ningtias, Achmad Noval Abrori, Ainun Farodisa, Cindy Ameliya Mulyono

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal hal yang dapat memotivasi siswa dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian tindakan ini menggunakan model (perencanaan, pengembangan, pelaksanaan atau obeservasi). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik dan guru SDN Banyuajuh 4. mulai dari kelas satu berjumlah 25 siswa dan kelas dua berjumlah 24 siswa. Data motivasi dan perkembangan anak diambil dari hasil wawancara guru dan analisis dikelas. Serta instrument penelitian ini adalah wawancara dan lembar obeservasi. Hasil dari penelitian ini adalah wawancara menunjukkan bahwa metode wawancara membuat siswa kelas 1 lebih banyak memahami materi yang disampaikan guru serta metode tanya jawab. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa metode wawancara membuat kelas 2 cenderung lebih pasif dan hanya fokus dalam memperhatikan penjelasan guru. Penerapan metode ceramah memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas 2 dengan nilai ketuntusan 30%. Simpulan dari penelitian ini adalah metode ceramah dan tanya jawab memberikan pengaruh singnifikan untuk kelas 1 sehingga siswa lebih aktif dan berani dalam bertanya dan menjawab. Berbeda dengan kelas 2 yang menggunakan media membelajaran yang lebih ke praktik terhadap hasil belajar siswa SDN banyuajuh 4.

 

Kata kunci: belajar, motivasi, siswa, prestasi, guru

 

 

ABSTRACT

This study aims to find out the things that can motivate students to improve student learning outcomes. This action research uses a model (planning, development, implementation or observation). Subjects in this study were students and teachers of SDN Banyuajuh 4. starting from the first grade there were 25 students and the second grade there were 24 students. Data on children's motivation and development are taken from the results of teacher interviews and class analysis. As well as the research instrument was an interview and observation sheet. The results of this study are the interviews show that the interview method makes grade 1 students understand more the material delivered by the teacher as well as the question and answer method. The observations show that the interview method makes class 2 tend to be more passive and only focus on paying attention to the teacher's explanation. The application of the lecture method has no significant effect on the cognitive learning outcomes of grade 2 students with a 30% completeness value. The conclusion of this research is the lecture and question and answer method gives a significant influence for class 1 so students are more active and brave in asking and answering. In contrast to class 2 which uses media to learn more into practice on the learning outcomes of SDN banyuajuh 4 students.

 

Keywords: learning, motivation, students, achievement, teacher

 


Full Text:

PDF

References


Arief, Mufardisah, Sihkabuden, dkk. 2018. “ Hubungan Gaya Belajar Berdasarkan Gender Dengan Hasil Belajar Pada Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang”. Vol 1(1).

Emda, A. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5, No.2.

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD. Vol. 4, No. 1.

Hamdu, G., Agustina, L. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar,. Jurnal Pendidikan, Vol.12 No.1.

Mukhtar dan Rusnimi. 2001. Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Jakarta: Fiva Mulia Sejahtera.

Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran, Jakarta: Delia Pres.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Promosi Vol. 3, No. 1.

Syamsuddin, A. 1996. Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.