Pengaruh Media E-Learning terhadap Minat Belajar Mahasiswa IKIP Siliwangi

Alfa Mitri Suhara

Abstract


ABSTRAK

Pelaksanaan pembelajaran harus dilakukan dengan menarik, efektif, dan mudah dipahami oleh peserta didik. Terutama dalam menyampaikan materi pembelajaran. Perhatian dan fokus pertama dalam pembelajaran, peserta didik akan tertuju pada penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan saat ini sangat beragam mulai dari media audio, visual, audio visual, dan media berbasis TIK. Pembelajaran yang memanfaatkan media berbasis TIK telah banyak digunakan salah satunya melalui e-learning dengan bermacam bentuk aplikasi. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran khususnya e-learning terhadap minat belajar peserta didik. Sebagai pemecahan masalah dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskritif kualitatif, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah.  Dengan teknik penelitian, penyebaran angket kepada mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP Siliwangi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan media e-learning, menjadikan mahasiswa lebih termotivasi, lebih bersemangat, mudah memahami materi, dan menarik minat untuk mengikuti pembelajaran.

 

Kata Kunci: Pembelajaran E-learning, Minat Belajar, Manfaat Media

 

 

ABSTRACT

The learning process had to be carried out attractively, effectively, and easily understood by the students. Especially in delivering the learning material, the students’ first attention was the use of learning media. Various media consisted of audio, visual, audio visual and technology based media. This media had been implemented in e-learning by using such kinds of applications. This study aimed to investigate the influence of learning media (e-learning) on the student’s learning intention. The researcher used descriptive qualitative method to examined natural object. The questionnaire was given to the students of Indonesian Language and Literature Department in IKIP Siliwangi. The results revealed that the learning process using e-learning media motivated the students in understanding the material and attracted their intentions to join the learning.

 

Keywords: E-learning, Learning Intention, The Benefit of Media


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2016). Penerapan pemilihan media pembelajaran. Edcomtech, Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 9–20.

Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran. Tersedia: https://doi.org/10.3168/jds.2017-13062. Diunduh 1 Juli 2020.

Dahiya, S., Jaggi, S., Chaturvedi, K.K., Bhardwaj, A., Goyal, R.C. and Varghese, C. (2016). An e-learning system for agricultural education. Indian Research Journal of Extension Education, 12(3), pp.132-135.

Hartanto, W. (2016). Penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.

Satori, D. & Aan Komariah. (2011). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Setyoningsih. (2015). E-learning: pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi. Tersedia: https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/viewFile/1443/1319 diunduh 1 Juli 2020.

Sugiyono. (2014). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suhara, Permana, & Firmansyah. Pernerapan e-learning scorative dalam pembelajaran bahasa. Tersedia: http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view/1476. Diunduh 1 Juli 2020.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sutopo, Ariesto Hadi. 2012. teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan.Jakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.