Tantangan Riset Psikologi Pendidikan terhadap Belajar Siswa

Agung Setyawan, Sulistiana Sulistiana, Aulia Shavira, Erlina Dwi Arianti, Ustwatur Rosyidatul Kusnidah

Abstract


ABSTRAK

Belajar adalah proses perubahan afektif (sikap) dan  pengembangan kemampuan kognitif seseorang setelah berinteraksi dengan lingkungannya. Belajar dan pembelajaran (kegiatan belajar mengajar) tidak terlepas dari aspek psikologi pendidikan setiap siswa. Sehingga tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran, periset, dan tantangan riset (etika, gender, etnis, dan kultur). Penelitian di SDN Banyuajuh 6 Kamal menggunakan metode wawancara, angket, dan pengamatan keadaan sekolah, kelas serta bagaimana guru saat mengajar. Wawancara diberlakukan untuk semua walikelas kelas 1 hingga kelas 6, serta angket yang digunakan untuk bukti penguat. Walikelas diwawancarai dengan berbagai pertanyaan yang berpusat pada Psikologi Pendidikan yaitu etika, gender, etnis, dan kultur peserta didik. Serta bagaimana proses terjadinya pembelajaran di dalam kelas. Berbagai metode di lakukan guru untuk pembelajaran agar mendapatkan hasil yang maksimal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ditemukan beberapa tantangan riset yang ada di SDN Banyuajuh 6 kamal. Serta berbagai informasi dari siswa sebagai pengantar untuk hasil penelitian.

 

Kata Kunci: Psikologi Pendidikan, Pembelajaran, Siswa, Guru

 

 

ABSTRACT

Learning is the process of affective change (attitude) and the development of a person's cognitive abilities after interacting with their environment. Learning and learning (teaching and learning activities) are inseparable from the educational psychology aspects of each student. So the purpose of this study is to describe learning, research, and research challenges (ethics, gender, ethnicity, and culture). The research at SDN Banyuajuh 6 Kamal used interviews, questionnaires, and observations of the state of the school, classes and how teachers teach. Interviews were conducted for all class 1 to grade 6 classrooms, as well as the questionnaire used for corroboration. Walikelas were interviewed with various questions that centered on Educational Psychology, namely ethics, gender, ethnicity, and culture of students. And how is the process of learning in the classroom. Teachers do various methods for learning in order to get maximum results. Based on the results of research conducted found several research challenges that exist in SDN Banyuajuh 6 kamal. As well as various information from students as an introduction to the results of research.

 

Keywords: Educational Psychology, Learning, Student, Teacher


Full Text:

PDF

References


Amaliah, Raden Risky, Abdul Fadhi, dkk. 2014. “Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta”. Jurnal Studi Al-Qur’an; Membangun Tradisi Berfikir Qur’ani Vol 10 (02) :119-131.

Amrl, Zul. 2009. “ Perbedaan Bahasa Siswa Laki-Laki dan Siswa Perempuan: Sebuah Studi Kasus di Kelas V SDN 09 Air Tawar Barat Padang Sumatera Barat. Jurnal Lingua Didaktika Vol 3 (1)

Arief, Mufardisah, Sihkabuden, dkk. 2018. “ Hubungan Gaya Belajar Berdasarkan Gender Dengan Hasil Belajar Pada Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang”. Vol 1 (1) :53.

Hasyim, Shahabuddin, Mahani Razali, dkk. 2003. Psikologi Pendidikan. Malaysia: PTS Professional Publishing Sdn. Bhd

Horiyanto, H. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gender”. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol 4 (2) : 219-228.

Ichsan, Muhammad. 2016. “ Psikologi Pendidikan dan Ilmu Mengajar”. Jurnal Edukasi Vol 2 (1) : 1-17

Lestari, Myrna Aprriany, dkk. 2016. “Mengembangkan Keterampilan Mahasiswa PGSD Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Siswa Sd Kelas Rendah Melalui Metode Mendongeng” Jurnal Pedagogi Penelitian Pendidikan Vol 3.

Notifasari, Ira, Yuliana Sihombing. 2017. “ Deskripsi Kesulitan Belajar Peserta Didik dan Faktor Penyebabnya Dalam Memahami Materi Listrik Dinamis Kelas X SMA Negeri 2 Bengkayang”. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya Vol 7 (2) : 1-10.

Santoso, Budi Aan. 2019. “Perkembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar Berdasarkan Gender”. Proceedings Of The National Seminar On Women's Gait In Sports Towards A Healthy Lifestyle.

Setyawati, Endah, Kristin dan Indi Anugraheni. 2018. “ Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri Mangunsari 07” . Jurnal Sains dan Teknologi Vol 1 (01) : 76-81.

Widanarti, Niken, Aisah Indrati. 2002. “Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga Dengan Self Efficacy Pada Remaja di SMU Negeri 9 Yogyakarta”. Jurnal Psikologi Vol 1 (2) : 112-123.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.