Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Himpunan dengan Problem Based Instruction

Erycha Arsita Devi, Cosmalinda Cosmalinda

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan keefektivan model pembelajaran Problem Based Intruction dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa terhadap matematika. Penelitian yang dilakukan ini berfokus pada kepercayaan diri siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan terdiri dari dua siklus yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu : 1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 7 SMP Negeri 1 Sugihwaras dengan jumlah 30 siswa. Instrument penelitian ini adalah angket kepercayaan diri siswa dan tes (hasil belajar). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika bab himpunan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sugihwaras. Hal ini ditandai dengan hasil data angket kepercayaan diri awal menunjukkan kepercayaan diri siswa rata-rata pada kategori cukup dan persentase siswa yang memperoleh kategori tinggi hanya mencapai 23,33%. Pada siklus I meningkat menjadi 43,33% dan siklus II menjadi 73,33% dengan rata-rata kategori tinggi. Sedangkan hasil dalam tes menunjukkan peningkatan disetiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 64,88 dan pada siklus II rata - rata nya kembali meningkat menjadi 81.39. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran PBI dapat meningkatkan kepercayaan diri dan hasil belajar siswa pada materi “himpunan” di kelas VII SMP Negeri 1 Sugihwaras.

 

Kata Kunci: metode pembelajaran PBI, kepercayaan diri siswa, hasil belajar siswa

 

 

ABSTRACT

This research was conducted to illustrate the effectiveness of the Problem Based Instruction learning model in increasing students' confidence in mathematics. The research conducted focuses on student confidence. This research is a Classroom Action Research (CAR). The implementation consists of two cycles consisting of 4 stages, namely: 1) planning, (2) implementation, (3) observation, and (4) reflection. The subjects of this study were 7th grade students of SMP Negeri 1 Sugihwaras with a total of 30 students. The research instrument was a student questionnaire of confidence and tests (learning outcomes). The results showed that the implementation of learning with the Problem Based Instruction (PBI) model could increase students' confidence in learning the mathematics of set chapters in Grade VII students of SMP Negeri 1 Sugihwaras. This is indicated by the results of the initial confidence questionnaire data showing the average student confidence in the sufficient category and the percentage of students who obtained the high category only reached 23.33%. In the first cycle increased to 43.33% and the second cycle to 73.33% with a high average category. While the results of the test showed an increase in each cycle. In the first cycle, the average student learning outcomes were 64.88 and in the second cycle the average again increased to 81.39. Based on the results of these studies it can be concluded that the use of PBI learning methods can increase student confidence and learning outcomes on "set" material in grade VII of SMP Negeri 1  Sugihwaras.

 

Keywords: PBI learning method, student’s confidence, student’s learning outcome


Full Text:

PDF

References


Ahmad Tafsir.1996. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya, 1996.

Aisyah, N. 2003. Efektivitas Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada Mata Pelajaran Matematika SLTP Melalui Pola Kolaboratif. Jurnal Forum Kependidikan, 23(1): 13-27.

Ajai, J.T., Imoko, B.I., & O’kwu. E.I. (2013). Comparison of the learning effectiveness of problem-based learning (PBL) and conventional method of teaching algebra. Journal of Education and Practice, 1 (4), 131-135.

Arends, R. I, & Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning becoming an accomplished teacher. New York: Routledge.

Arifin. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI.

Darmana, Ropi. Sedanayasa. & Antari, Madri.2013.Pengaruh Model Roblem-Based Instruction Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan.Vol 1.

Depdiknas. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP. Jakarta: Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.