Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Pembelajaran E-Learning Di masa Pandemi Virus Covid 19 pada Siswa Kelas VIIA MTs SA Miftahul Hikmah

Ika Zubaihah, Siti Nur Hayati

Abstract


ABSTRAK

Di masa pandemic virus covid 19 tidak memungkinkan proses belajar mengajar dilakukan tatap muka seperti biasa. Metode E-Learning ini bertujuan agar siswa siswi tidak ketinggalan materi dan dapat melakukan proses belajar mengajar serta untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII A semester II tahun pelajaran 2019/2020  MTs SA Miftahul Hikmah dengan siswa sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah mengumpulkan data mengenai peningkatan hasil belajar diambil dari tes tiap siklus. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh skor rata-rata untuk siklus I 69,21dan padasiklus II 80,25. Meningkatnya hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis E-Learning  ditandai dengan semakin meningkatnya persentase kategori dari kategori rendah pada siklus I menjadi kategori sedang pada siklus II. Hasil yang diperoleh tersebut biladikaitkan dengan situasi belajar mengajar maka media pembelajaran yang digunakan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII A MTs SA Miftahul Hikmah.

 

Kata Kunci: Perkembangan Teknologi, Metode E-learning

 

 

ABSTRACT

During the Covid 19 pandemic, it did not allow the teaching and learning process to be carried out face-to-face as usual. This E-Learning method aims so that students do not miss the material and can carry out the teaching and learning process and to improve the mathematics learning outcomes of class VII A students in the second semester of the 2019/2020 school year of MTs SA Miftahul Hikmah with as many as 20 students. The data collection technique used in this study was to collect data regarding the increase in cardiac learning outcomes during each cycle. Based on the results of data analysis and discussion, the average score for cycle I was 69.21 and for cycle II was 80.25. The increase in students' mathematics learning outcomes using E-Learning-based learning media was indicated by the increasing percentage of categories from the low category in the first cycle to the medium category in the second cycle. The results obtained are related to the teaching and learning situation, the learning media used can improve the mathematics learning outcomes of class VII A students of MTs SA Miftahul Hikmah.

 

Keywords: Technology Development, E-learning Method

 


Full Text:

PDF

References


Djaali. (1987). Evaluasi Pendidikan, Diktat.

Haling, Abud., dkk. (2007). Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Haryanto, Edy. (2008). Teknologi Informasi dan Komunikasi: Konsep dan Perkembangannya. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. (http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_Informasi_Komunikasi. Diakses pada tanggal 3 Januari 2011)

Poerwanto, B., & Pertiwi, Y. D. (2015, December). Pemrograman R Dalam Pemodelan Regresi Semiparametrik Dengan Pendekatan Spline Truncated Untuk Data Longitudinal (Studi Kasus : Kadar Trombosit Penderita DBD RS Haji Surabaya tahun 2011). In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purwokerto (Vol. 1, No. Purwokerto, pp. 45-56). Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Sudrajat, Akhmad. (2008). Media Pembelajaran. (http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/12/media-pembelajaran/. Diakses pada tanggal 3 Januari 2011)

Suherman, Erman., Turmudi, dkk,. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.