Pengaruh Perkembangan Psikologis Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri Keleyan No 8 Socah Bangkalan

Agung Setyawan, Clarisa Dwi Mawarni, Bahiratul Ghina, Novita Rahma Dwi Yanti, Alief Alvia

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh perkembangan psikologis anak berkebutuhan khusus siswa di SLB Negeri Keleyan No.8 Socah Bangkalan. Perkembangan yang dimaksud yaitu dari segi kognitif, bahasa dan sosioemosionalnya. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan instrumen yang digunakan adalah wawancara terhadap kepala sekolah, guru, serta pengamatan langsung terhadap perilaku siswa ABK saat belajar di kelas. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 50 orang dengan sampel 4 orang yang menjadi objek di masing-masing kelompok ketunaan yaitu 1 tunanetra, 1 tunarungu, 1 tunagrahita dan 1 autis di SLB Negeri Keleyan Socah NO 8 Bangkalan. Hasil dari penelitian ini adalah informasi yang diperoleh dari wawancara yang menunjukkan bahwa perkembangan kognitif anak tunanetra,tunarungu, tunagrahita dan autis yang cenderung sangat sulit berkembang karena masalah IQ yang rendah seperti yang dialami oleh anak tunagrahita dan autis sedangkan untuk anak tunanetra dan tunarungu perkembangan kognitif mereka kurang karena adanya pengaruh indra yang sulit untuk menerima informasi. Untuk perkembangan bahasa ABK juga terhambat karena sulitnya berkomunikasi dengan cara verbal, tetapi ada juga yang memerlukan komunikasi nonverbal. Sedangkan untuk perkembangan sosioemosional ABK juga cenderung terhambat karena adanya pengasingan di lingkungan sosialnya. Simpulan dari penelitian ini adalah perkembangan psikologis anak berkebutuhan khusus baik dari segi kognitif, bahasa serta sosioemosionalnya cenderung terhambat dan berbeda dari anak normal pada umumnya.

 

Kata Kunci: Anak berkebutuhan khusus, kognitif, bahasa, sosioemosional

 

 

ABSTRACT

This research was conducted with the aim to determine the effect of psychological development of children with special needs of students in SLB Negeri Keleyan No.8 Socah Bangkalan. The development in question is in terms of cognitive, language and socioemotionalnya. This research method uses descriptive qualitative method with the instrument used is interviews with school principals, teachers, and direct observation of the behavior of special needs students when studying in class. The population used in this study amounted to 50 people with a sample of 4 people who became the object in each disability group, namely 1 blind, 1 deaf, 1 mentally disabled and 1 autistic in SLB Keleyan Socah State NO 8 Bangkalan. The results of this study are information obtained from interviews that show that the cognitive development of children with visual impairment, hearing impairment, mental retardation and autism which tends to be very difficult to develop due to low IQ problems such as that experienced by children with intellectual disabilities and autism while for children with visual impairment and hearing impairment of their cognitive development less because of the influence of the senses that are difficult to receive information. For the development of ABK language is also hampered because of the difficulty of communicating verbally, but some also require nonverbal communication. As for the social development of ABK, it also tends to be hampered because of the exile in its social environment. The conclusion from this study is the psychological development of children with special needs both in terms of cognitive, language and socioemotional tend to be inhibited and different from normal children in general.

 

Keywords: Children with special needs, cognitive, language, socioemotional

 


Full Text:

PDF

References


Amin,Moh.1995.Ortopedagogik Anak Tunagrahita.Depdikbu

Cahyati,Nita.2019. Permainan Ritmik Bagi Perkembangan Sosial Emosional Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi vol.03 N0.02,Desember 2019, Hal. 116-125.

Desiningrum, D.R.2016.Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus.Yogyakarta:Psikosain.

Journal,2(1).Http://Journal.Unnes.ac.id/sju/index.php/epj

Hakim,A.R.2018.Mendorong Perkembangan Kognitif Anak Tunagrahita Melalui Permainan Edukatif.Jurnal Ilmiah Penjas, Vol 4. No. 3 Juli 2018.

Hasani,A.C,dkk.2016. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (JPPPAUD FKIP UNTIRTA). Jurnal Penelitian dan Pengembangan. Vol3 No 2, Nov 2016 hal 81-160.

Ichsan.Muhammad. 2016. Psikologi Pendidikan Dan Ilmu Mengajar. Jurnal Edukasi vol.2. No 1, Januari 2016

Latifa,Umi.2017.Aspek Perkembangan Pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannnya.Jurnal of multidisciplinary Studies. Vol 1.No 2, Juli-Desember 2017

Mambela,Sambira.2018.Tinjauan Umum Masalah Psikologis dan Masalah Sosial Individu Penyandang Tunanetra.Jurnal Buana Pendidikan:Tahun XIV,No 25 Februari 2018

Muharomah,Siti.2016.Penggunaan Bahasa Pada Anak Tunanetra.Vol 08 No 02,Mei 2016 hal 135-146

Mutia Sari, S.F, dkk. 2017. Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita(Sudi Kasus Tunagrahita Sedang Di SLBN Purwakerta). Jurnal Penelitian&PKM vol 4,N0:2, Juli 2017, Hal 129-389

Peeters, Theo. 2009. Panduan Autisme Terlengkap. Bandung: Dian Rakyat

Suyanto. 2006. Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Depdiknas

Savira,S.I dkk. 2019. Apa Yang Berbeda? Kemampuan Kognitif Pada Anak Tunanetra Tanpa Pengalaman Visual (CONGENITAL VISUAL IMPAIRMENT).Jurnal Pendidikan Inklusi Volume 3 Nomor 1 Tahun 201,hal 020-039

Tedjasaputra,M.S.2001.Betunagrahitaain, Mainan dan Permainan. Grasindo:Jakarta.

Welirusani.2017.Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Menggunakan Strategi Mind Map Pada Kelompok B2 di Taman Kanak-kanak Kasih Ibu Way Dadi Sukarame. Bandar Lampung. www.repository.radenintan.ac.id.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.