Identifikasi Permasalahan Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDN Bancaran 4 Bangkalan

Mala Nur Laili, Agung Setyawan

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan hasil dari studi pendahuluan yang dilakukan pada siswa kelas III SDN Bancaran 4 Bangkalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan hasil belajar yang ditemukan di kelas III SDN Bancaran 4 Bangkalan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia serta upaya untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi guru dan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di SDN Bancaran 4 Bangkalan yang terdiri dari 26 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, pedoman observasi, dan lembar tes. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi di kelas III menunjukkan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional. Sedangkan hasil tes menunjukkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia presentase ketuntasannya 27% yaitu hanya ada 7 siswa dari 26 siswa yang lulus diatas KKM. Hal itu menunjukkan hasil belajar siswa rendah.

 

Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Hasil Belajar, Siswa kelas III

 

 

ABSTRACT

This research is the result of a preliminary study conducted in grade III students of SDN Bancaran 4 Bangkalan. This study aims to identify the problem of learning outcomes found in class III SDN Bancaran 4 Bangkalan in Indonesian subjects and efforts to overcome the problems faced by teachers and students. The research method used is descriptive quantitative research. The population in this study were all students of class III at SDN Bancaran 4 Bangkalan consisting of 26 students. The sample in this study uses saturated sampling in which all members of the population are used as samples. Data collection techniques used in this study were interviews, observation and tests. The instruments used were interview guidelines, observation guidelines, and test sheets. Based on the results of interviews and observations in class III shows the learning process using conventional learning models. While the test results show student learning outcomes in Indonesian subjects the percentage of completeness is 27% ie there are only 7 students out of 26 students who graduated above KKM. It shows the student learning outcomes are low.

 

Keywords: Indonesian Language, Learning Outcome, Third Grade Students


Full Text:

PDF

References


Rukahat, Aji. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif (Quantitative Research Approach).Yogyakarta: Deepublish.

Sholichah, S. A. (2018). Teori-teori Pendidikan dalam Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 07 (1), 25-27.

Syahputra, Edi. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.