Studi Pendahuluan Peningkatan Pemahaman Konsep pada Muatan Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas III SDN Socah 4 Bangkalan
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini adalah studi awal dalam Identifikasi permasalahan yang dihadapi kelas III SDN Socah 4 Bangkalan dalam muatan Bahasa Indonesia. Identifikasi permasalah dalam muatan Bahasa Indonesia dilaksanakan agar dapat ditemukan sebuah solusi dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket, dan wawancarai yang dilaksanakan mulai 25 Februari 2020. Responden meliputi 11 siswa dan guru kelas III SDN Socah 4 Bangkalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep siswa di SDN Socah 4 Bangkalan tergolong masih sangat kurang. Tindakan yang dilakukan oleh guru yaitu dengan memberikan penjelasan ulang, pemahaman konsep, pengunaan media pembelajaran sederhana dan mencatat serta memberikan tugas-tugas.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Bahasa Indonesia, Siswa Kelas III
ABSTRACT
This research is a preliminary study in the identification of problems faced by class III SDN Socah 4 Bangkalan in Indonesian content. Identification of problems in Indonesian content is carried out in order to find a solution in an effort to improve students' understanding of concepts. Data collection was carried out using observations, questionnaires, and interviews conducted from February 25, 2020. Respondents included 11 students and grade III teachers at Socah 4 Bangkalan Elementary School. The results showed that the level of understanding of students' concepts at SDN Socah 4 Bangkalan was still lacking, where there were many students in class III who did not listen to the teacher's explanation because students had difficulty understanding the material presented by the teacher. The action taken by the teacher is by giving a re-explanation, understanding the concept, using simple learning media and taking notes and assigning tasks.
Keywords: Concept Understanding, Indonesian Language, Third Grade Students
Full Text:
PDFReferences
Achmad Rifa’i, dan Catharina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Achmad Rifa’i, dan Catharina Tri Anni. 2010. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Manda, Trysa Gustya dkk. 2012. “Pemahaman Konsep Luas Dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Melalui Penggunaan Model Learning Cycle Disertai Peta Konsep”. Jurnal pendidikan Matematika. Vol.1, No. 1
Mujtahidin, 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bangkalan : Universitas Trunojoyo Madura.
Mulyadi, M. (2012). Riset Desain Dalam Metodologi Penelitian. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 16(1), 71-80.
Refbacks
- There are currently no refbacks.