Identifikasi Keterampilan Berbicara Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas III SDN Telang 1

Shofatul Isnainy, Agung Setyawan, Tyasmiarni Citrawati

Abstract


ABSTRAK

Tujuan Penelitian untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Telang 1. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif dimana instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, wawancara, lembar pengamatan, dan tes hasil belajar (kognitif). wawancara diberikan setelah penerapan metode bercerita, lembar pengamatan untuk mengamati pelaksanaan metode bercerita dan tes hasil belajar berupa kognitif dengan KKM 75. Sampel dari penelitian ini berjumlah 23 orang terdiri dari Laki-Laki 13 orang dan Perempuan 10 orang.Hasil penelitian ini hasil tes hasil belajar dan wawancara menunjukan bahwa metode bercerita membuat siswa lebih banyak memahami materi yang disampaikan guru.Hasil pengamatan menunjukan bahwa metode bercerita membuat siswa cenderung lebih pasif dan hanya fokus dalam memperhatikan penjelasan guru.Penerapan metode bercerita memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berbicara kognitif siswa dengan nilai ketuntasan kelas 35% siswa lebih aktif dan mengalami peningkatan dalam berbicara.Simpulan secara umum menunjukkan bahwa Penerapan metode bercerita memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berbicara kognitif siswa rekomendasi dalam pelaksanaan pembelajaran, hendaknya guru lebih kreatif dan lebih banyak memberi kesempatan dan motivasi kepada siswa

 

Kata Kunci: Keterampilan berbicara, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

 

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the effect of the method of storytelling on the learning outcomes of students in grade III at SDN Telang 1. The method of this study was descriptive in which the instrument used was a test of learning outcomes, interviews, observation sheets, and tests of learning outcomes (cognitive). Interviews were given after the application of the method of storytelling, observation sheets to observe the implementation of the method of storytelling and cognitive learning outcomes tests with KKM 75. The sample of this study consisted of 23 people consisting of 13 men and 10 women. The results of this study test results of learning outcomes and interviews show that the method of storytelling makes students understand more the material delivered by the teacher. The observations show that the storytelling method makes students tend to be more passive and only focus on paying attention to the teacher's explanation. The application of storytelling method has a significant influence on students' cognitive speaking skills with 35% grade completeness in students being more active and experiencing an increase in speaking. Conclusions in general show that the application of the method of storytelling has a significant influence on students' cognitive speaking skills recommendations in the implementation of learning, teachers should be more creative and give more opportunities and motivation to students.

 

Keywords: Speaking skill, Learning Outcome, Indonesian Language

 


Full Text:

PDF

References


Arianti, Rita, and Asih Ria Ningsih. "Discovery Learning, Application Of Discovery Learning Model In Interpreting Text Oral Results Of Observation Results In Class X Students Ipa. 2 State 1st High School." Jurnal Pendidikan Rokania 4.2 (2019): 183-197.

Devianty, Rina."Bahasa sebagai cermin kebudayaan." Jurnal tarbiyah 24.2 (2017).

Emda, Amna. "Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS di SMA Negeri 12 Banda Aceh." Lantanida Journal 2.1 (2014): 68-79.

Hidayah, Nurul. "Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar." TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 2.2 (2015): 190-204.

Huda, Miftahul. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.(2014). Bahasa Indonesia pengetahuan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kunandar. (2014) penilaian autentik ( Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ryanti, Widya Octa. "Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS SD Negeri 9 Metro Timur Tahun Pelajaran 2015/2016." (2016).

Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yulika, Febri, Selvi Kasman, and Putri Khairina Masta."Peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan penulisan karya tulis ilmiah." Batoboh 1.2 (2016).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.