Identifikasi Hasil Belajar Kelas IV SDN Buluh 3 Socah dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Agus Tina Ayuwulandari, Agung Setyawan, Tyasmiani Citrawati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan studi awal dalam identifikasi permasalahan yang dihadapi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV di SDN Buluh 3 Socah.Identifikasi permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dilaksanakan agar dapat ditemukan sebuah solusi dalam upaya peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia.Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV yang berjumlah 40 siswa.Sampel dalam penelitian studi pendahuluan ini menggunakan sampling jenuh.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi.Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, lembar observasi, lembar tes dan lembar dokumentasi.Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan Berdasarkan hasil observasi di kelas IV menunjukkan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional. Sedangkan hasil tes menunjukkan hasil belajar siswa pada muatan Bahasa Indonesia. Presentase ketuntasan 21%yaitu hanya 8 siswa dari 40 siswa yang lulus diatas KKM. Hal ini menunjukkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa rendah.

 

Kata Kunci: Pendidikan, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

 

 

ABSTRACT

This research is a preliminary study in identifying the problems faced in Indonesian Language subjects of fourth grade students at SDN Buluh 3 Socah. Identification of problems in learning Indonesian is carried out in order to find a solution in an effort to improve learning outcomes in Indonesian. The subjects in this study were class IV teachers and class IV students, amounting to 40 students. The sample in this preliminary study research uses saturated sampling. Data collection methods used in this study were tests, interviews, observations, and documentation. The instruments used were interview guidelines, observation sheets, test sheets and documentation sheets. Data analysis techniques using data reduction, data presentation, and conclusions Based on the results of observations in class IV shows the learning process using conventional learning models. While the test results show student learning outcomes on Indonesian content. The percentage of completeness is 21%, namely only 8 students out of 40 students who passed above KKM. This shows the student learning outcomes of Indonesian students is low.

 

Keywords: Education, Learning Outcomes, Indonesian

 


Full Text:

PDF

References


Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Handayani, Triastuti., dkk. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik.Jurnal Curricula, 2(1), 22.

Isnawati, Zuli. (2016). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Atas SD Negeri 3 Ngraji Tahun Ajaran 2015/2016.Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kristanto, Hery Vigih. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Muhammad, I. M., Firosalia, K., Indri, A. (2019).Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4.Jurnal Basicedu. 308

Mujtahidin.(2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Pena Salsabila.

Palupi, B. (2010). Belajar Menulis Paragraf dan Menyusun Karangan. Jakarta: Multazam Mulia Utama.

Nancy, Angelia Purba. (2018). Kemampuan Menemukan Ide Pokok Paragraf Berbagai Jenis Wacana dalam Naskah Soal UAS oleh Siswa Kelas IX SMPN 5 Percut Sei Tuan.Jurnal Curricula, 5(1), 16.

Rukajat, Ajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Shoimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR. Ruzz Media.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Suprobo, A., Umar, S., & Nugraheti, S. (2012). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Know-Want-Learned (KWL) pada Siswa Kelas IV A SDN Sekaran 01 Semarang. Journal of Elementary Education, 1(7), 2.

Syafaruddi., Supiono., & Burhanuddin. (2019). Guru, Mari Kita Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Telogowati, Indah Tri. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menemukan Ide Pokok Paragraf Melalui Model Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Pada Siswa Kelas V SDN Srondol Kulon 01 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.