Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas III SDN Buluh 3 Socah

Cherly Ana Safira, Agung Setyawan, Tyasmiani Citrawati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini adalah studi awal dalam Identifikasi permasalahan yang dihadapi pada mata pelajaran IPA siswa kelas III di SDN Buluh 3 Socah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi  hasil belajar IPA pada siswa kelas III SDN Buluh 3 Socah dan upaya untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh siswa dan guru. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di SDN Buluh 3 Socah yang terdiri dari 30 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh yang merupakan semua anggota populasi digunakan sebagai sampel.  Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian  ini  adalah wawancara, observasi  dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, pedoman observasi, dan lembar tes. Berdasarkan hasil observasi di kelas III menunjukkan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional. Sedangkan hasil tes menunjukkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA presentase ketuntasannya 17% yaitu hanya ada 5 siswa dari 30 siswa yang lulus diatas KKM. Hal itu menunjukkan hasil belajar siswa rendah.

 

Kata Kunci: Belajar, Hasil Belajar, IPA

 

 

ABSTRACT

This study is a preliminary study in  identifying the problems faced in science subjects of third grade students at SDN Buluh 3 Socah. The purpose of this study is to identify the learning outcomes of science in third grade students at SDN Buluh 3 Socah and efforts to overcome the problems faced by students and teachers. This type of research uses descriptive quantitative research. The population in this study were all students of class III at SDN Buluh 3 Socah consisting of 30 students. The sample in this study uses saturated sampling which is all members of the population used as samples. Data collection techniques used in this study were interviews, observation and tests. The instruments used were interview guidelines, observation guidelines, and test sheets. Based on the results of observations in class III shows the learning process using conventional learning models. While the test results show student learning outcomes in the science lesson content the percentage of completeness is 17%, there are only 5 students out of 30 students who graduate above KKM. It shows the student learning outcomes are low.

 

Keywords: Learning, Learning Outcomes, Science

 


Full Text:

PDF

References


Ambarwati, D. (2015). Bimbel Rahasia Inti IPA Terpadu SD. Ozproduction.

Dadri, P. C. W., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III Mengwi. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3 (2), 84-93.

Dewana, A. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD.

Handayani, T., dkk. (2017). Penerapan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwin Belajar Peserta Didik. Jurnal Curricula, 2 (1), 22.

Mujtahidin. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Pena Salsabila.

Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Materi Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4 (2), 9-16.

Nurmisantri. (2017). Identifikasi Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa pada Materi Fluida Statis. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 2 (1), 17.

Pane, A., & Muhammad, D. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3 (2), 333-352.

Rahma, S., Yuliati, L., & Irawan, E. B. (2017). Penguasaan Konsep IPA pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding SEMNAS PS2DMP UML, 3 (1).

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Suwarsono., dkk. (2013). Tematik Terpadu Kurikulum 13: Energi dan Perubahannya Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Syafaruddin., Supiono., & Burhanuddin. (2019). Guru, Mari Kita Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.