Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Kelas IV SDN Mlajah 1 Bangkalan

Siti Robiatul Amilya, Agung Setyawan, Tyasmiani Citrawati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan sebuah identifikasi permasalahan yang dihadapi pada kelas IV di SDN Mlajah 1 Bangkalan dalam  mata pelajaran Matematika. Identifikasi permasalahan dalam mata pelajaran Matematika ini dilaksanakan supaya dapat ditemukan sebuah cara dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika . Jenis penelitian yang digunakan dalam studi pendahuluan ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif Metode dilakukan dengan menggunakan instrument angket dan wawancara. Responden meliputi 24 siswa dan 1 guru kelas IV SDN Mlajah 1 Bangkalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat minat belajar siswa pada kelas IV SDN Mlajah tergolong sangat rendah. Tindakan yang dilakukan oleh guru yaitu dengan memberikan penjelasan ulang, pemahaman konsep, penggunaan alat peraga sederhana dan mencatat serta pemberian tugas-tugas.

 

Kata kunci: Minat Belajar, Matematika, Siswa Kelas IV.

 

 

ABSTRACT

This research is an identifying the problems faced by class IV at SDN Mlajah 1 Bangkalan in Mathematics subject. The identification of problems in Mathematics is carried out in order to find a way to increase students' interest and motivation to learn in Mathematics. Data collection was carried out using questionnaire and interview instruments. Respondents included 24 students and 1 fourth grade teacher at SDN Mlajah 1 Bangkalan. The results showed that the level of student interest in class IV SDN Mlajah was classified as very low. The action taken by the teacher is by giving a re-explanation, understanding the concept, using simple teaching aids and taking notes and assigning tasks.

 

Keywords: Learning Interest, Mathematics, Fourth Grade Students.


Full Text:

PDF

References


Aiyub. 2015. Motivasi Belajar Mahasiswa Selama Mengikuti Pendidikan Tinggi Keperawatan. Ideal Nursing Jurnal. Vol 7. No 2. Hal 77-78.

Doni Koesoema A. 2015. Pendidik Karakter Di Zaman Keblinger : Mengembangkan Visi Guru sebagai Pelaku Perubahan dan Pendidik Karakter. Jakarta : PT Grasindo.

Eka Khairani Hasibuan.2018.Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung.Jurnal pendidikan. Vol. VII, No. 1.

Erlando Doni Sirait.2016. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 6(1): 35-43.

Fita Nur Arifah. 2016. Menjadi Guru : Teladan, Kreatif, Inspiratif, Motivatif & Profesional. Yogyakarta : Araska Publisher.

Ghullam Hamdu. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPADiSekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 12 No 1. Hal 90-93.

Hasratuddin. 2015. Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematik. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA. Vol 6 Nomor 2. Hal 130-141.

Ismail. 2016. Diagnosis kesulitan Belajar siswa dalam pembelajaran aktif di sekolah. Jurnal Eduksdi. ISSN. 2460-4917, E-ISSN: 2460-5794. Vol: 2, No: 1. (Jurnal Online).

Muhammad Anas. 2014. Alat Peraga dan Media Pembelajaran. Jakarta: Pustaka

Nursalam. 2016. Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika:Studi Pada Siswa Sd/Mi Di Kota Makassar.Vol. 19, No. 1.(Jurnal Online).

Olenggius J.D.2019. Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 4 Sirang Setambang Tahun Pelajaran 2018/2019. JPIMat. VOL 1 No.1

Prasetyawan, D. G.2016. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Congkrak 1 Muntilan Magelang. Basic Education, 5(26), 2-481.

Sardirman.A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi : Belajar dan Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sumiharsono Rudy, Hisbiyatul Hasanah. MM. 2017. Media Pembelajaran. Jember: CV Pustaka Abadi.

Widyastuti.2019. Minat Siswa Terhadap Matematika Dan Hubungannya Dengan Metode Pembelajaran Dan Efikasi Diri. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 13, No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.