Math Anxiety Tinggi pada Mahasiswa Bahasa, Benarkah? Metode Pembelajaran apa yang tepat?

Dian Ratna Puspananda, Okta Ika Rahmawati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat math anxiety mahasiswa pendidikan bahasa inggris IKIP PGRI Bojonegoro. Subjek penelitian adalah 50 mahasiswa yang merupakan mahasiswa tingkat III prodi pendidikan bahasa inggris IKIP PGRI Bojonegoro. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dalam bentuk google form yang diisi mahasiswa secara online. Hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat math anxiety mahasiswa pendidikan bahasa inggris 8% rendah, 48%, sedang, dan 44% tinggi. Mengatasi math anxiety yang cenderung tinggi pada mahasiswa, ada beberapa metode pembelajaran yang bisa dijadikan solusi dalam mengatasi math anxiety yaitu pembelajaran eksploratif, brain based learning, open ended, metode permainan, problem solving, dan  pembelajaran berbasis ICT.

 

Kata Kunci: Math Anxiety, Metode Pembelajaran

 

 

ABSTRACT

This study aims to determine the level of math anxiety English education students IIKIP PGRI Bojonegoro. The research subjects were 50 students who were third level students of English Education Study Program IKIP PGRI Bojonegoro. This research method is descriptive qualitative. Data collection was carried out with a questionnaire in the form of a google form that was filled out by online. The results showed that the mathematics anxiety level of English education students was 8% low, 48% moderate, and 44% high. Overcoming math anxiety that tends to be high in students, there are several learning methods that can be used as solution indealing with math anxiety, namely explorative learning, brain based learning, open ended, game methods, problem solving, and ICT-based Learning.

 

Keywords: Math Nxiety, Learning Method

 


Full Text:

PDF

References


Aan, S.P. 2015. Kontribusi Self Concept Matematis Dan Mathematics Anxiety Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. J D P, Volume 8, Nomor 2, Juli 2015: 55-60

Aarnos, E. & Perkkilä, P. (2012). Early signs of mathematics anxiety?. Procedia-Sosial and Behavioral Sciences, 46, 1495-1499.

Amrina R., & Luvi A. 2019. Tingkat Mathematics Anxiety Pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 13, No. 1, Januari 2019, pp. 9-20

Anggreini, Tya. 2009. Pengaruh Antara Kecemasan Dalam Menghadapi Mata Pelajaran Matematika Dengan Prestasi Akademik Matematika Pada Remaja. Skripsi; tidak diterbitkan, Jakarta: Universitas Gunadarma, diakses melalui situs: http://download. portalgaruda.org/article.php?article=52222&val=445, 17 Juli 2019

Anita, I. W. (2014). Pengaruh kecemasan matematika (mathematics anxiety) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa smp. Jurnal Infinity, 3(1), 125-132.

Dwirahayu, G., dkk (2013) The effect of explorative learning strategytoward enhancement of studentsconceptual understanding on geometry. Wudpecker Journal of Educational Research Vol. 2(4), pp. 049 - 056, April 2013

Dwirahayu, G.,; Nursida, (2016) Mengembangkan Pembelajaran Matematika dengan menggunakan Metode Permainan untuk Siswa Kelas 1 MI. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 5, No.2, Oktober 2016

Feriana W. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Untuk Mengurangi Kecemasan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Furner, M. J., & Gonzalez-DeHass, A. (2011). How do students’ mastery and performance goals relate to math anxiety?. Eurasia Journal of Mathematics, Science, & Technology Education, 7(4), 167–182.

Husnul Q. 2016. Pengaruh Kecemasan Matematika (Math Anxiaety) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar- Raniry Darussalam- Banda Aceh

Indriyani, H.; Dwirahayu, G.; Afidah. (2016) Penerapan Pendekatan Brain Based Learning untuk Mengurangi Kecemasan Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jakarta: Jurusan Pendidikan Matematika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Tidak dipublikasikan

Nunez-Pena, M.I., dkk. (2013). Effects of math anxiety on student success in higher education. International Journal of educational Research, 58, 36-43

Shimada, S dan Becker, J.P. (1997). The Open-Ended Approach: A New Proposal for Teaching Mathematics. Virginia: National Council of Theachers of Mathematics.

Suinn RM., & Winston EH. 2003. The Mathematics Anxiety Rating Scale, a Brief Version: Psychometric Data. Psycho Rep, 2003 Feb 92 (1): 167-73 DOI: 10.2466/pr0.2003.92.1.167.

Wakefield, J dan Velardi, L. (1995). Up – front Assessment: Using Open-Ended Questions. Celebriting Mathematics Learning. Australia: The Mathematical Association of Victoria.

Yenilmez, K. (2007). Relationship among learning styles, mathematics attitude, and anxiety for student in secondary school teacher training institutes in turkey. International Journal of Education Reform, 16(2), 156-168.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.