Efektivitas Metode Nature Learning dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP Maulana Malik Ibrahim Bojonegoro Tahun Ajaran 2019/2020

Masnuatul Hawa

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kenyataan di lapangan yang menunjukkan kurangnya kreativitas guru dalam memilih metode pembelajaran yang efektif untuk mengajarkan keterampilan menulis puisi pada siswa, sehingga berpengaruh terhadap hasil pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan metode nature larning dalam pembelajaran menulis puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode nature learning. Model penelitian yang digunakan adalah eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelas yaitu kelas VII SMP Maulana Malik Ibrahim. Desain yang digunakan adalah desain pretes dan postes. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Tes menulis puisi dilakukan pada subyek penelitian yaitu siswa kelas VII SMP Maulana Malik Ibrahim. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode nature learning efektif untuk pembelajaran menulis puisi siswa kelas VII SMP Maulana Malik Ibrahim.

 

Kata kunci: pembelajaran, menulis puisi, nature learning.

 

 

ABSTRACT

This research is motivated by the reality in the field that shows the lack of creativity of teachers in choosing effective learning methods to teach poetry writing skills to students, thus affecting the learning outcomes of writing poetry. This research aims to see the effectiveness of nature larning method in learning to write poetry. The method used in this study is the nature learning method. The research model used was an experiment conducted in one class, namely VII class of Maulana Malik Ibrahim Middle School. The design used is a pretest and posttest design. Data collection techniques used in this study were observation and tests. Poetry writing tests were conducted on the subject of research, namely VII grade students of Maulana Malik Ibrahim Middle School. The results of this study indicate that the nature learning method is effective for learning to write poetry for seventh grade students of Maulana Malik Ibrahim Middle School.

 

Keywords: learning, writing poetry, nature learning.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Cineka Cipta.

Bram, Barli. 2002. Critical Discourse Analysis: The Crittical Study of Language. London: Longman Group Limited.

Jabrohim, dkk. 2003. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Pradopo, Rahmat Djoko. 2000. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah mada University Press.

Sagala, S. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Semi, M.A. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo:Masmedia Buana Pusaka.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Prinsip-prinsip Pengajaran Sastra. Bandung: Angkasa.

Waluyo, Herman, J. 2002. Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.