Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas IV SDN Buluh 3 Socah

Sintia Wahyuningsih, Tyasmiarni Citrawati, Agung Setyawan

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan studi awal dalam menganalisis permasalahan yang dihadapi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa Kelas IV di SDN Buluh 3 Socah. Menganalisis permasalahan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dilaksanakan agar dapat ditemukan sebuah solusi dalam upaya peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, lembar observasi, lembar tes dan lembar dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi di kelas IV menunjukkan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional. Sedangkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar di SDN Buluh 3 tergolong masih sangat kurang (54%).

 

Kata kunci: Motivasi belajar, Ilmu pengetahuan sosial

 

 

ABSTRACT

This research is a preliminary study in analyzing problems faced in Social Sciences subjects of Class IV students at SDN Buluh 3 Socah. Analyzing problems in learning Social Sciences is carried out in order to find a solution in an effort to increase student motivation in learning Social Sciences. The subjects in this study were class IV teachers and class IV students, amounting to 40 students. Data collection methods used in this study were tests, interviews, observations, and documentation. The instruments used were interview guidelines, observation sheets, test sheets and documentation sheets. Based on the results of observations in class IV shows the learning process using conventional learning models. While the results of the study showed that the level of learning motivation in SDN Buluh 3 was classified as very poor (54%).

 

Keywords: Learning motivation, Social Science


Full Text:

PDF

References


Budiningsih, Ari. 2005. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. (2010). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Hamdu, G. (2011). Jurnal penelitian pendidikan. Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap pestasi belajar IPA di sekolah dasar.

Indrati, E. M. (2014). Jurnal pendidikan dan kebudayaan. Pengaruh interaksi sosial keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar.

Kristanto, H. V. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Mamik. (2014). Metodologi Kualitatif. Sidoarjo. Zifatma Publisher.

Romlah, S, et al, (2019). Analisis Motivasi Belahar siswa SD. Jurnal Cendekia.

Sutarniyati, P. (2016). Peningkatan motivasi belajar siswa.

Sutrisno. (2001). Metodologi Research Jilid III. Yogyakarta: Andi Offest.

Syafaruddin, dkk. (2019). Guru, Mari Kita Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Syuharjono, dkk. (2019). Paduan Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir. Surabaya: Scorpindo Media Pustaka.

Wagiran. (2013). Metodelogi penelitian pendidikan: Teori. Yogyakarta. Deepublish.

Yuniati, V. (2019). Jurnal pendidikan guru sekolah dasar. Peningkatan motivasi belajar IPS menggunakan metode pembelajaran course review horay.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.