Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Kelas V SDN Banyuajuh 6 Tahun Ajaran 2019/2020

Septiana Revayani Eka Safitri, Agung Setyawan

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Kesulitan belajar matematika pada kelas V Semester Genap di SDN Banyuajuh 6, 2) Faktor penyebab kesulitan belajar matematika yang ada pada kelas V SDN Banyuajuh 6. Metode penelitian ini menggunakan deskripsi kualitatif dimana instrumen yang digunakan adalah wawancara, lembar pengamatan, tes hasil belajar dan dokumentasi. Sampel dari penelitian ini adalah 29 siswa kelas V SDN Banyuajuh 6 dengan 16 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Data dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 29 siswa ada 15 orang yang tidak tuntas dalam pembelajaran matematika untuk mencapai KKM. Kesulitan-kesulitan yang ditemui: (a) Kesulitan menghafal perkalian (b) Kesulitan dalam menentukan rumus yang harusnya digunakan untuk menyelesaikan soal (c) Kesulitan menghitung menggunakan perkalian. Penyebab kesulitan belajar pada mata pelajaran matematika adalah siswa kurang paham tentang materi matematika khususnya bangun ruang, siswa kurang memperhatikan penjelasan guru saat kegiatan belajar berlangsung di depan kelas, siswa kurang latihannya soal matematika.

 

Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Penyebab Kesulitan Belajar, Matematika.

 

 

ABSTRACT

The purpose of this study is to describe: 1) the trouble of learning mathematics in the fifth semester of completion at SDN Banyuajuh 6, and 2) the factors behind the challenge of studying mathematics held by Banyuajuh 6. This method of research uses qualitative descriptions where the instruments used are interviews, observation sheets, learning and documentation tests. The sample from this study is 29 students with SDN Banyuajuh 6 students with 16 males and 13 female students. Data is analyzed with data reduction measures, data presentation, and deduction drawing. Studies show that there are 15 students who are not complete in math studies to reach KKM. Difficulties encountered: (a) difficulty memorizing the multiplication (b) difficulty determining the formula used. (c) difficulty counting. The cause of learning difficulties is (a) students lack understanding of mathematical materials, particularly building space. (b) students pay little attention to teachers during class activities. (c) students lack math training.

 

Keywords: Learning Difficulties, Causing Learning Difficulties, Mathematics.


Full Text:

PDF

References


Fidayanti, Meta, Shodiqin A., & YP Suyitno. (2020). Analisis Kesulitan Dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies 3(1): 88-96.

Hasibuan, Khairani E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di SMP NEGERI 12 Bandung. AXIOM 7(1): 18-30.

Hidajat, Djatmiko, Pratiwi, Arum Diah, Afghohani, & Afif. (2018). Analisis Kesulitan Dalam Penyelesaian Permasalahan Ruang Dimensi Dua. Jurnal Pendidikan Matematika 1(1): 1-16.

K, Dhian A. (2016). Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Sosrowijayan Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3 (5), 169-182.

Marzi, Aulia M., & Widayati. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Fundamental Pendidikan Dasar 2 (3): 140 – 145.

Mufarizuddin. (2018). Analisis Kesulitan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SD NEGERI 012 BANGKINANG KOTA. Journal On Education 1(1): 40-47.

Natalia, Dika, Zulkarnain, & Yolanada, Fitriana. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN. AKSIOMATIK 7 (3): 75-82.

Sulistyani, Nawang, & Deviana, T. (2019). Analisis Bahan Ajar Matematika Kelas V SD Di Kota Malang. JP2SD(Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar) 7(2): 133-141.

Waskitoningtyas, Sri R. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 5(1): 24-32.

Widodo, Trio Satrio, & Rahmawati, Ika. (2018). Problematika Pembelajaran Matematika Dengan Implikasi Dwi-Kurikulum Pada Kelas VI SDN Sumberingin Jombang. JPGSD, 6 (2), 9-98.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.