Analisis Penyebab Kesulitan Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SDN SOCAH 2

Riski Rika Ameliya, Agung Setyawan

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan  faktor penyebab kesulitan belajar IPA di Kelas IV SDN Socah 2. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dimana instrumennya adalah wawancara, lembar pengamatan, dokumentai dan tes hasil belajar (kognitif). Wawancara diberikan setelah kegiatan pembelajaran untuk mengetahui kemampuan siswa dalam belajar dan hambatan guru dalam menyampaikan materi. Lembar pengamatan untuk mengamati kesulitan belajar dan faktor yang mempengaruhi. Tes digunakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam mengerjakan soal. Dokumentasi sebagai data pendukung dan pelengkap dari penggunaan metode observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas IV SDN Socah 2. Hasil penelitian menunjukkan ada 14 siswa yang hasil belajarnya rendah karena tidak paham ketika guru menyampaikan materi. Penyebab kesulitan belajar siswa terdiri dari dua faktor yaitu faktor internal yang meliputi sikap siswa terhadap pembelajaran, minat siswa, motivasi belajar, kebiasaan belajar dan rasa percaya diri yang masih kurang dalam mengikuti pelajaran sedangkan faktor eksternalnya meliputi lingkungan keluarga seperti perhatian orang tua dan lingkungan sekolah seperti metode atau model  pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariatif dan inovatif serta sarana penunjang pembelajaran seperti penggunaan alat peraga dan media pembelajaran yang kurang maksimal . Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV SDN Socah 2 masih mengalami kesulitan dalam mempelajari pelajaran IPA.

 

Kata Kunci: Penyebab Kesulitan Belajar IPA

 

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to describe the factors causing the learning difficulties of Natural Sciences in Class IV SDN Socah 2. This research method uses qualitative descriptive where the instruments are interviews, observation sheets, documentation and test results (cognitive). Interviews were given after the learning activities to determine students' ability to learn and the obstacles of teachers in delivering material. Observation sheet to observe learning difficulties and influencing factors. The test is used to determine the extent of students' ability to work on problems. Documentation as supporting and complementary data from the use of observation and interview methods. The subjects of this study were 24 fourth grade students of SDN Socah 2. The results showed that there were 14 students whose learning outcomes were low because they did not understand when the teacher presented the material. The causes of student learning difficulties consist of two factors, namely internal factors which include students 'attitudes towards learning, student interest, learning motivation, learning habits and self-confidence that are still lacking in learning while external factors include family environment such as parents' attention and school environment such as learning methods or models that are used by teachers are less varied and innovative as well as learning support facilities such as the use of teaching aids and learning media that are less than optimal. Based on these results it can be concluded that fourth grade students at SDN Socah 2 still have difficulties in learning science lessons.

 

Keywords: Causes of Learning Difficulties Natural Sciences

 


Full Text:

PDF

References


Anggito, A., dan Setiawan, Johan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif.Sukabumi: CV Jejak.

Awang, Imanuel Sairo. (2015). Kesulitan Belajar IPA Peserta Didik Sekolah Dasar. Vox Edukasi,6(2), 108-122).

Hisbullah dan Selvi Nurhayati. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Makassar: Aksara Timur.

Manalu, R., Meter, G., & Negara, G.A.O. (2015). Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Ipa Siswa Kelas IV Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 3(1).

Mentari, Renawati. (2017). Studi Deskriptif Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya dan Pesawat Sederhana Kelas 5 Mi Miftahul Ulum Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Walisongo: Semarang

Purwanti, Siwi. (2018). Analisis Ragam Kesulitan Belajar IPA Kelas V SD Nsegeri Jombor. University Research Colloqium ke 7. Surakarta: STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta.

Suardi, Moh. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and development/ R&D). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.