Penerapan Microsoft Paint dalam Membuat Media 3D Kolaborasi Pop-Up dan Movable Book

Cahyo Hasanudin, Novi Mayasari, Kundharu Saddhono, Dwi Novitasari

Abstract


Abstrak

 Microsoft paint adalah program aplikasi yang diperuntukan untuk menggambar/melukis. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimanakah peran Microsoft Paint dalam mendukung proses menciptakan kolaborasi media pengajaran 3D antara pop-up dan buku bergerak. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Prosedur penelitian menggunakan teori Mary W. George yang menerapkan sembilan tahap. Sumber data diambil dari jurnal nasional dan internasional, buku teks Indonesia dan asing. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Microsoft Paint dapat digunakan dalam menciptakan kolaborasi media pengajaran 3D antara buku pop-up dan buku bergerak karena memiliki fitur lengkap dan dapat membuat gambar yang bagus dan terperinci.

 

Kata kunci: microsoft paint, 3D media, pop-up, buku bergerak

 

 

Abstract


Microsoft paint is an application program intended for drawing / painting. The purpose of this research is to investigate how the role of Microsoft Paint in supporting the process of creating a 3D teaching media collaboration between pop-ups and movables. This research is a library research. The research procedure uses the theory of Mary W. George who applies nine stages. Data sources were taken from national and international journals, Indonesian and foreign textbooks. The results of this study indicate that Microsoft Paint can be used in creating 3D teaching media collaboration between pop-up books and movable books because it has full features and can make good and detailed images.

 

Keyword:  microsoft paint, 3D media,  pop-up, movable book


Full Text:

PDF

References


Amelina, L & Nasrida. (2018). Peningkatan Kemampuan Visual Spasial Melalui Program Paint Di Kelompok B TK-YKA Banda Aceh. Buah Hati, 5(1): 21–37. https://buahhati.stkipgetsempena.ac.id/?journal=home&page=article&op=download&path%5B%5D=56&path%5B%5D=47 .

Claudia, L. J. & Harimurti, R. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Perakitan Komputer Berbasis Multimedia 3D Pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer Untuk Siswa Kelas X Jurusan TKJ Di SMK Negeri 1 Pacitan. It-Edu (Jurnal InformationTechnology and Education), 1(01): 14-22. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/16183/14695

Destiyanti, A.Z., & Prasetyo, H. (2019). Pembelajaran Integratif Microsoft Paint Dalam Mata. (JP) Jurnal Pendidikan: Risert dan Konseptual ,3(3): 200–208. http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/download/123/167

Dyk, S.V., Hewitt,C., Broman, E., & Montanaro A. (2010). Gallery Paper Engineering: Fold, Pull, Pop and Turn: The Smithsonian Libraries Exhibition Gallery. Washington, DC: National Museum of American History. https://www.sil.si.edu/pdf/FPPT_brochure.pdf.

Faizah, N., & Mangiri, H.S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak dengan Pembelajaran Menggambar Menggunakan Program Paint Pada Anak Kelompok A di TK Negeri Pembina Semarang. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(1): 13-21. Maret, 2018. https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.582

Hanifah, T.U. (2014). Pemanfaatan Media Pop-Up Book Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen Di Tk Negeri Pembina Bulu Temanggung). Early Childhood Education Papers. (BELIA), 3(2): 46–54. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia/article/view/3727/3342.

Hayes, C., Hardian, & Sumekar, T. A. (2017). Pengaruh Brain Training Terhadap Tingkat Inteligensia Pada Kelompok Usia Dewasa Muda. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 6(2): 402–416, April, 2017. https://www.neliti.com/id/publications/105114/pengaruh-brain-training-terhadap-tingkat-inteligensia-pada-kelompok-usia-dewasa

Maharani, H. R., Ubaidah, N., & Aminudin, M. (2018). Efektifitas Model Concept Attainment Ber-Budaya Akademik Islami Berbantuan Pop-Up Book Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. (Kreano) Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1): 100–106. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/12693.

M. W. George, (2008). The Elements of Library Research. New Jersey: Princeton University Press.

Sadikin, U. (2013, November 20). Panduan Praktis Belajar Komputer. Expert Education. 1-79. https://umarsadikin07.files.wordpress.com/2013/11/modul-ms-notepad-wordpad-win-xp-3.pdf.

Septiyani, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up dalam Pembelajaran IPS Terpadu Pada Pengaruhnya Terhadap Nasionalisme Siswa Kelas Viii Smp N 4 Ungaran Skripsi Universitas Negeri Semarang. Juli. 2016. https://lib.unnes.ac.id/27095/1/3101412043.pdf.

Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. (JPPD) Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1): 138–150. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979

Widiawati, W.W., Karim, M. B, & Mayangsari, D. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Aplikasi Paint Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 22 Balongpanggang. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1): 10–24. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3845.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.