Identifikasi Pemahaman Siswa Mengenai Keberagaman Suku Bangsa, Sosial, dan Budaya Kelas IV

Putri Ramadhaniar, Agung Setyawan, Tyasmiarni Citrawati

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pemahaman tentang materi keberagaman suku bangsa, sosial dan budaya siswa kelas IV SDN Junganyar 02. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriftif kualitatif dimana teknik yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan observasi dan wawancara. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket. Sempel penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 14 siswa dimana terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Hasil pengamatan dari data angket menunjukkan 50% siswa merasa bingung penjelasan materi PPKn yang disampaikan oleh guru dan 50% siswa merasa bosan dengan metode ceramah yang digunakan oleh guru pada saat pembelajaran. Selain itu dari hasil observasi menunjukkan bahwa sebagian siswa tidak bisa fokus dengan pelajaran karena merasa bosan sehingga dapat dilihat bahwa tingkat pemahaman tentang materi keberagaman suku bangsa, sosial dan budaya siswa kelas IV SDN Junganyar 02 masih kurang bisa juga dilihat dari siswa tidak bisa menjawab pertanyaan dari guru.

 

Kata kunci: Pemahaman, Keberagaman suku bangsa, sosial dan budaya, Pembelajaran PPKn, Siswa Kelas IV

 

 

ABSTRACT

The purpose of this research is to identify an understanding of the material diversity of ethnic, social and cultural grade IV students of SDN Junganyar 02. The method used in this study is a qualitative descriptive method in which the techniques used for data collection in this study are observation and interviews. The data collection instrument in this study was a questionnaire. This research stamp was grade IV students wit a total of 14 students which consisted of 10 male students and 4 female students. Observations from the questionnaire data showed that 50% of students were confused about the explanation of the PPKn material delivered by the teacher and 50% of students felt bored with the lecture method used by the teacher during leaming. In addtion, observations show that some students cannot focus on the lesson because they fell bored so that it can be seen that the level of understanding of the material diversity of ethnic, social and cultural grade IV students of SDN Junganyar 02 is still lacking can also be seen from students unable to answer questions from teacher.

 

Keywords: Understanding, Ethnic, diversity, social and culture, PPKn learning, Class IV Student

 


Full Text:

PDF

References


Aditya, A. U. (2017). Pengaruh Pemberian Penjelasan Guru Terhadap Pemahaman Siswa Pada Pelajaran Sejarah Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Kalirejo Lampung. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Bagus, I. B. (2016). Kearifan budaya Lokal Perekat Identitas Bangsa. Jurnal bakti saraswati. Volume 05. No 01. Hal 13.

Dewi, N. (2018). Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Nasionalisme Siswa (Sekolah Menengah Atas Homeschooling Primagama Palembang). Jurnal AKP. Volume 8 No 1 Hal 100.

Ismail. (2020). Konsep dasar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di Indonesia. Pasuruan:CV Qiara Media.

Mismoyo, P. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Subtema Keragaman Suku Bangsa Dan Agama Di Negeriku Melalui Model Mind Mapping. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. Volume 5 Nomer 1 Hal 2.

Muslim, A. H. (2020). Media Pembelajaran PKn di SD. Purwokerto: CF. Pena Persada.

Nurmala, F. (2020). Peningkatan Pemahaman Materi Keberagaman Suku Bangsa, Sosial, Dan Budaya Di Indonesia Melalui Model Think Pair Share Berbantuan Media Audio-Visual. Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume11,No.2. Hal 172-180.

Noviana, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn SiswaA Kelas IV SD Negeri 79 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Volume 7 Nomor 2 hal 20.

Rohani. (2017). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Civic Knowledge Siswa Melalui Model Pembelajaran Controversial Issues Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Mujahidin Pontianak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan.Volume 7 Nomer 1 Hal 49.

Yonanda, D. A. (2017). Peningkatan Pemahaman Siswa Mata Pelajaran PKn Tentang Sistem Pemerintahan Melalui Metode M2M (Mind Mapping) Kelas IV MI Mambaul Ulum Tegalgondo Karangploso Malang. Jurnal Cakrawala Pendas. Volume 3 Nomer 1 Hal 54.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.